Sakit Perut Sebelah Kanan: Penyebab dan Cara Mengatasi

penyebab kram perut.

Sakit perut sebelah kanan merupakan gejala yang tidak jarang dikeluhkan oleh orang, termasuk nyeri perut sebelah kanan yang membuat penderitanya bertanya-tanya sebenarnya apa yang sedang terjadi.

Perut kita adalah organ yang berongga, jadi di dalamnya terdapat bermacam-macam organ yang terletak pada posisinya masing-masing. Pada kasus sakit perut sebelah kanan atas dimana  terdapat organ hati, kandung empedu, ginjal, usus kecil, dan usus besar. Sedangkan pada kasus perut kanan bawah sakit dimana terdapat usus besar, usus buntu atau appendix, saluran kencing, dan khusus pada wanita terdapat saluran indung telur.

Terdapat perbedaan penyebab nyeri perut kanan bawah, sakit perut sebelah kanan, dan bagian lainnya.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan

Jadi kalau kita mengalami nyeri perut sebelah kanan, Anda tinggal melihat sakit perut sebelah kanan atas atau perut kanan bawah sakit. Bila yang nyeri perut bagian atas, kemungkinan yang mengalami gangguan adalah organ-organ yang terletak pada bagian kanan atas tadi.

Diantara berbagai organ tadi, yang paling sering terjadi saat gangguan sakit perut sebelah kanan atas adalah gangguan hati, radang pada kandung empedu akibat adanya batu, serta kadang-kadang bisa terjadi radang usus kecil. Tetapi kalau tempat nyeri berada agak di tengah dan rasa nyerinya sampai menembus ke belakang, bisa-bisa organ ginjal yang lagi mengalami masalah.

Nyeri Perut Kanan Bawah – Usus Buntu

Rasa sakit perut sebelah kanan tepatnya nyeri perut kanan bawah merupakan pertanda penyakit usus buntu. Sakit perut sebelah kanan bawah sering kali disebabkan oleh peradangan usus buntu.

Peradangan usus buntu umumnya merupakan penyebab nyeri perut sebelah kanan yang paling sering terjadi. Gejala penyakit ini biasanya disertai dengan kehilangan nafsu makan, mual, muntah, dan demam.

 

 

Perut Sebelah Kanan Sakit – Infeksi Saluran Kencing

Kemudian penyebab lain perut sebelah kanan sakit yang cukup sering adalah infeksi saluran kencing, atau pada wanita patut dicurigai adanya radang saluran indung telur.

Untuk membedakan antara usus buntu dengan infeksi saluran kencing yaitu:
Pada usus buntu gejala yang menyertai adalah demam, bisa juga disertai rasa mual sampai muntah dan kadang bisa juga disertai diare, biasanya nyeri yang timbul kuat sekali sampai si penderita selalu membungkukkan badannya karena menahan nyeri di bagian perut kanan bawah.

Sedangkan pada infeksi saluran kencing biasanya adalah sering kencing, rasa nyeri bila kencing, juga rasa perih pada waktu kencing, juga bisa disertai demam tinggi dan rasa mual muntah juga. Gambaran di atas untuk membantu mengenali apabila ada gangguan sakit perut sebelah kanan. Untuk memastikannya masih memerlukan pemeriksaan lain yang lebih teliti dan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter anda.

Perut Kanan Bawah Sakit – Sembelit

Sakit perut sebelah kanan juga sering disebabkan oleh sembelit dimana penderita mengalami kesulitan membuang air besar atau karena tidak teratur membuang air besar.

Perut kanan bawah sakit hingga sakit perut sebelah kanan atas akibat sembelit. Disarankan untuk rajin mengonsumsi makanan berserat seperti buah dan sayuran serta menenggak air putih secara rutin agar pencernaan menjadi lancar.

Perut Sakit Sebelah Kanan –¬† Batu Ginjal

Nyeri perut sebelah kanan juga dapat disebabkan oleh penyakit batu ginjal. Rasa sakit terjadi di wilayah perut sebelah kanan hingga paha. Selain menjadi penyebab sakit perut sebelah kanan, batu ginjal juga menyebabkan rasa mual, perut kram, hingga muntah-muntah.

Sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter apabila Anda sering mengalami sakit perut sebelah kanan, nyeri perut kanan bawah, dan berbagai perut sakit di bagian kanan lainnya demi mencegah penyakit berbahaya sebelum terlambat.