Hati-Hati Minum Jus Olahan!

DokterSehat.Com – Kebanyakan orang sudah mengetahui bahwa minuman olahan tidaklah menyehatkan. Namun, masih banyak orang yang gemar mengkonsunsi minuman olahan seperti jus yang marak dipasarkan sekarang ini.

doktersehat-minuman-buah-pemanis-buatan-juice

Sesuatu yang alami memang lebih aman bagi kesehatan Anda. Seperti halnya jus segar buatan Anda sendiri yang lebih menyehatkan daripada jus olahan pabrik. Menurut penelitian jus yang sudah diolah, dan dijual di toko atau melalui agen penjualan jus, telah kehilangan zat-zat bermanfaatnya. Selain itu, kandungan zat aditif dari bahan sintetis yang ditambahkan ke dalam jus olahan makin menimbulkan efek negatif untuk kesehatan Anda.

Jus segar berisi enzim dan kandungan zat “hidup”. Enzim dalam jus ini tidak tahan panas, sehingga jus yang telah melalui proses pasteurisasi tidak mengandung enzim ini. Vitamin dan mineral di dalam jus olahan juga sudah jauh berkurang. Ini terbukti dari sebuah penelitian di Amerika Serikat yang membandingkan efek antivirus yang terkandung dalam jus apel segar dengan jus olahan. Hasilnya, aktivitas antivirus hanya ditemukan di jus apel segar. Pasteurisasi pada jus olahan menyebabkan enzim yang berguna untuk aktivitas antivirus mati.

Kebanyakan minuman kemasan mengandung pemanis buatan yang jauh lebih berbahaya dari gula biasa. Aspartame, sakarin dan sucralose adalah beberapa jenis pemanis buatan yang sangat populer dan sering digunakan dalam minuman bersoda, jus kemasan, permen karet, dan makanan lainnya.

Pemanis buatan tidak hanya meningkatkan risiko terhadap diabetes tetapi juga dapat menyebabkan obesitas. Untuk melindungi diri dari risiko penyakit karena pemanis buatan, kurangi konsumsi soda dan minuman kemasan yang tidak sehat, batasi pula penggunaan gula mentah dan menggantinya dengan pemanis alami seperti madu murni.

Baca Juga:  Minuman dengan pemanis gula dapat meningkatkan resiko penyakit jantung pada wanita

Supaya jus segar bermanfaat secara optimal, harus segera diminum begitu selesai dibuat, tidak boleh disimpan terlalu lama. Buah dan sayuran akan kehilangan kandungan zat gizinya bila dimasak dan dibiarkan terbuka kena udara terlalu lama. Contohnya, irisan mentimun akan kehilangan vitamin C sebanyak 41-49 persen bila dibiarkan begitu saja selama 3 jam. Bila tidak memungkinkan untuk segera meminumnya, simpan jus di dalam termos atau wadah yang tertutup rapat di dalam kulkas.