Hati-Hati Mengobati Migran saat Hamil!

DokterSehat.com – Saat hamil, ibu tidak diperbolehkan mengonsumsi sembarang obat. Salah satunya obat migrain. Badan Pengawas Makanan dan Obat Amerika Serikat (FDA) memperingatkan bahwa kandungan asam valproat pada obat migrain bisa menyebabkan penurunan kecerdasan bayi.



Dr Russell Katz mengatakan bahwa obat-obatan yang memiliki kandungan asam valproat tidak baik bila dikonsumsi wanita hamil. Hal ini disebabkan obat-obatan ini lebih banyak menimbulkan risiko daripada manfaatnya.

FDA pada dasarnya menyetujui kandungan asam valproat dalam obat-obatan untuk mengobati beberapa penyakit seperti epilepsi, migrain, dan gangguan bipolar.

Setelah terjadinya kasus penurunan IQ yang lebih rendah 11 poin pada anak saat berusia 6 tahun maka FDA mulai memperingatkan penggunaan obat ini. Penurunan angka IQ pada anak ini telah ditelusuri dan hasilnya anak-anak ini terlahir dari seorang ibu yang mengonsumsi obat yang mengandung asam valproat ketika hamil.

Masih belum diketahui kapan tepatnya pada periode kehamilan obat mengandung asam valproat berpengaruh pada penurunan kecerdasan bayi. Namun pada studi yang dilakukan FDA ini, para wanita yang diteliti mengonsumi obat asam valproat sepanjang kehamilan mereka.

Meski begitu, obat yang mengandung asam valproat tetap bisa dikonsumsi ketika hamil jika pengobatan lain tidak dapat mengatasi gejala epilepsi atau gangguan bipolar pada wanita yang sedang mengandung.

FDA menjelaskan bahwa wanita hamil diperbolehkan mengonsumsi obat dengan kandungan asam valproat dengan tujuan pengobatan bukan pencegahan. Jika seorang  wanita masih dalam proses pengobatan dan diketahui sedang hamil, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui apakah pemakaian obat bisa dihentikan sementara waktu.

Ada beberapa cara alamiah yang bisa dilakukan calon ibu untuk mengatasi migrain, antara lain beristirahat cukup, rileksasi, atau dengan menerapkan teknik pijatan tertentu.

Baca Juga:  Ini Alasannya Mengapa Ibu Hamil Sebaiknya Tidak Berlebihan Mengkonsumsi Makanan Manis