Hati-Hati Mengkonsumsi Roti Tawar Putih

DokterSehat.Com – Roti tawar kini bisa dengan mudah didapatkan di toko-toko konvensional, tidak lagi harus dicari di toko-toko roti. Hal ini berarti kita akan bisa mendapatkan variasi makanan yang mengenyangkan selain nasi. Selain roti tawar yang berwarna kecoklatan, kini kita juga bisa mendapatkan varian lain dari roti tawar yang berwarna putih yang cenderung lebih bersih. Dibalik rasanya yang enak, roti tawar berwarna putih ternyata dianggap kurang baik bagi kesehatan oleh beberapa pakar kesehatan. Mengapa hal ini bisa terjadi?

doktersehat-roti

Banyak orang yang mengkonsumsi roti tawar putih sebagai makanan yang praktis untuk sarapan pagi. Selain mengenyangkan, roti tawar putih juga terasa enak sehingga cocok dikonsumsi sebagai sarapan. Sayangnya, kandungan pada roti tawar putih ternyata kurang baik bagi kesehatan tubuh. Sebagai contoh, adanya kandungan karbohidrat yang cukup tinggi ternyata bisa membuat tubuh memiliki karbohidrat terlalu banyak. Roti tawar putih juga mengandung banyak sekali kalori yang jika kita tidak bakar dengan olahraga yang teratur, maka kita justru akan mendapatkan masalah obesitas atau kelebihan berat badan. Banyaknya kandungan karbohidrat pada roti tawar putih juga beresiko membuat otak kita mengalami kondisi kabut otak yang bisa berpengaruh besar pada penurunan fungsi kognitif.

Roti tawar putih cenderung memiliki kandungan sirup jagung fruktosa dan juga kadar sodium yang cukup tinggi. Sebagaimana kita ketahui, kandungan sirup jagung fruktosa akan kurang baik jika sering-sering dikonsumsi dan jika kita mengkonsumsi kandungan sodium terlalu banyak, maka kita bisa meningkatkan resiko penyakit jantung dan akan meningkatkan kadar garam dalam tubuh. Roti tawar putih juga bisa membuat kadar gula dalam darah meningkat drastis dan membuat kadar insulin juga mengalami peningkatan signifikan.

Baca Juga:  Jamur Kuku, Bercak Putih atau Kuning Pada Kuku

Roti tawar putih ternyata memiliki kadar protein jahat yang cukup tinggi sehingga bisa membuat resiko terkena penyakit seliaka pun meningkat. Satu hal yang pasti, kandungan roti tawar putih cenderung tidak memberikan banyak nutrisi bagi tubuh selain memberikan rasa kenyang. Jika anda memilih roti tawar putih ini menjadi makanan dalam program diet anda, ada baiknya anda memikirkan keputusan ini kembali mengingat roti ini tidak memberikan efek baik bagi kesehatan tubuh.