Hati-Hati Mengkonsumsi Es Teh Karena Bisa Memicu Batu Ginjal

DokterSehat.Com – Es teh adalah salah satu minuman yang paling populer bagi masyarakat. Es teh bisa diminum baik siang ataupun malam meskipun banyak orang yang berpikir jika es te akan jauh lebih nikmat jika dikonsumsi di siang nan terik karena kita tentu bisa merasa segar. Sayangnya, dibalik segarnya es teh yang kita nikmati, jika kita mengkonsumsinya terlalu berlebihan kita bisa mendapatkan resiko lebih besar mendapatkan penyakit batu ginjal. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-menggigit-es-batu-tidak-baik-pagophagia

Harian Times of India memberitakan bahwa es teh, bayam, dan juga cokelat ternyata memiliki kandungan oxalate dalam konsentrasi yang cukup tinggi. Kandungan oxalate yang cukup tinggi inilah yang bisa memicu masalah batu ginjal dalam tubuh. Kandungan oxalate sebenarnya sangat baik bagi tubuh jika berada dalam kadar yang normal. Oxalate berfungsi untuk menyerap konsentrasi kalsium atau mengikat kalsium yang tentu akan berguna bagi kesehatan tulang dan gigi. Sayangnya, jika konsentrasi kalsium terlalu berlebihan, maka oxalate yang berupa kristal ini akan mengendap pada ginjal dan membentuk batu ginjal. Selain oxalate, batu gunjal juga bisa berasal dari penumpukan kristal yang terdiri dari garam dan mineral yang tidak terpakai pada ginjal atau saluran kemih dan lama kelamaan akan mengendap dan membatu. Penyakit batu ginjal ini sangat menyiksa dan bahkan jika dibiarkan begitu saja, ginjal bisa mengalami infeksi dan menyebabkan gagal ginjal.

Dengan adanya realita ini, apakah berarti kita tidak diperbolehkan mengkonsumsi minuman favorit ini? Ternyata kita masih bisa mengkonsumsi es teh, hanya saja, kini kita harus lebih cermat dalam memilih es teh. Tahukah anda, banyak penyedia es teh yang ternyata memakai es yang berasal dari air yang belum matang? Es yang tidak matang biasanya akan berwarna putih layaknya salju dan penuh dengan gelembung jika dibandingkan dengan es yang berasal dari air matang yang cenderung bening. Selain memilih es yang sudah matang, kita juga harus mengecek apakah gula yang dipakai terlalu banyak atau tidak. Ada baiknya kita meminum es teh yang memiliki kandungan gula yang sedikit saja dan jika kita ingin mendapatkan rasa manis, maka kita bisa memakai lemon atau daun mint yang bisa menyebabkan rasa unik pada es teh kita.

Baca Juga:  Penyakit Laryngeal Papillomas