Hati-Hati Menggunakan Pengharum Ruangan

DokterSehat.Com – Bagi mereka yang mendambakan ruangan yang terlihat bersih, nyaman, dan wangi, pengharum ruangan akan menjadi salah satu peralatan wajib yang harus tersedia di rumah. Pengharum ruangan modern sendiri kini bisa dengan mudah disemprotkan ke berbagai sudut ruangan sehingga ruangan pun akan terasa lebih segar dan membuat pikiran menjadi lebih tenang. Sayangnya, dibalik banyaknya kebaikan yang ditawarkan oleh pengharum ruangan, ada dampak buruk bagi kesehatan yang bisa kita dapatkan jika kita menggunakannya terlalu sering.

doktersehat-lavender

Tidak semua pengharum ruangan bisa dianggap berbahaya mengingat kini juga ada banyak produk pengharum ruangan yang diklaim lebih aman bagi kesehatan tubuh. Sayangnya, di pasaran juga masih banyak pengharum ruangan yang memakai bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan. Sebagai contoh, ada bahan kimia aktif yang disebut sebagai phthalates yang ternyata bisa membuat tubuh beresiko mengalami ketidakseimbangan reproduksi.

Kandungan phthalates pada pengharum ruangan bisa membuat hormon testosteron pada tubuh pria maupun wanita mengalami penurunan yang signifikan sehingga reproduksi atau kehamilan bisa mendapatkan gangguan. Bahkan, beberapa kandungan zat kimia pada pengharum ruangan juga bisa mengaktifkan sel kanker pada tubuh. Selain itu, banyak laporan kesehatan yang menyebutkan jika penggunaan pengharum ruangan yang bisa menyebabkan penyakit asma.

Beberapa bahan kimia lainnya yang ada pada pengharum ruangan layaknya geranyl nitrile, musk, ambrette, dan 7-methylcoumarin akan sangat buruk bagi kesehatan tubuh, apalagi jika digunakan dalam jangka waktu yang lama sehingga jika kita ingin memilih pengharum ruangan, ada baiknya kita harus memastikan bahwa pengharum ruangan yang akan kita gunakan tidak memiliki zat-zat kimia berbahaya seperti yang telah disebutkan. Pakar kesehatan juga memberikan saran pada kita untuk mengurangi penggunaan pengharum ruangan dan mulai memakai bahan alami yang bisa membuat ruangan menjadi lebih segar dan harum dengan lebih aman. Bahan-bahan layaknya kayu cemara atau kayu cendana bisa memberikan bau yang unik dan natural di dalam rumah. Selain penggunaan bahan alami, ingatlah untuk memastikan bahwa ventilasi dan sirkulasi udara di dalam rumah berjalan dengan baik sehingga kita pun akan tetap mendapatkan rumah terasa segar setiap saat meskipun tidak memakai pengharum ruangan.

Baca Juga:  Ketahui Bahaya Asam Urat Dari Sekarang