Hati-Hati Menggunakan Obat Nyamuk Bakar

DokterSehat.Com – Obat nyamuk bakar adalah salah satu cara paling murah dan paling umum dilakukan masyarakat Indonesia dalam memberantas nyamuk. Memang, asap dari obat nyamuk bakar secara efektif bisa membuat nyamuk-nyamuk pengganggu mati sehingga kita pun terbebas dari gigitan nyamuk, namun, asap dari obat nyamuk juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan kita, khususnya bagi saluran pernafasan mengingat banyak kandungan kimia dari asap obat nyamuk yang akan kita hirup semalaman.

doktersehat-obat-nyamuk

Salah satu kandungan yang terdapat pada obat nyamuk bakar adalah DDVP atau dichlorovynil dimetyl phosfat dimana bahan ini ternyata termasuk dalam kategori racun. Selain itu, terdapat bahan kimia lain yang juga berpotensi menjadi racun layaknya propoxur, transflutrin, cyphenothrin, dan beberapa bahan lainnya. Bahan-bahan ini jika dihirup dalam waktu yang lama bisa merusak organ paru-paru dan juga mempengaruhi sistem reproduksi. Membakar obat nyamuk biasanya dilakukan di malam hari dimana pintu dan jendela rumah cenderung ditutup sehingga ventilasi udara pun jauh lebih sedikit. Asap obat nyamuk bakar semalaman di dalam ruangan yang tertutup diyakini memiliki efek negatif yang setara dengan 100 batang rokok yang dihisap berturut-turut. Bahkan, pakar kesehatan berkata jika kita terlalu sering memakai obat nyamuk bakar, maka tubuh pun beresiko mengalami kerusakan apda sistem saraf, saluran pernafasan, hingga penyakit kanker.

Andai anda tidak memiliki pilihan lain selain memakai obat nyamuk bakar karena faktor harganya yang murah, maka kita harus memastikan bahwa ventilasi udara pada ruangan cukup sehingga kita bisa mendapatkan pergantian udara dan tidak menghirup asap obata nyamuk bakar secara berlebihan. Kita bisa membuka pintu atau jendela jika kita sudah merasa sesak nafas atau batuk-batuk. Selain itu, tempatkan obat nyamuk pada jarak yang agak jauh dan pada tempat yang tepat. Sebagai contoh, jangan tempatkan obat nyamuk bakar persis di sebelah kasur tempat kita tidur. Tempatkan di area yang cenderung jauh dari aktifitas. Andai diperlukan, obat nyamuk juga dipakai di sore hari dimana ventilasi dan pintu belum benar-benar ditutup sehingga saat malam kita bisa mematikan obat nyamuk bakar tanpa gangguan nyamuk di dalam rumah.

Baca Juga:  Kunci Kesuksesan Diet: Pengendalian Diri

Satu hal yang harus kita ingat adalah, kita sebaiknya tidak memakai obat nyamuk bakar jika di dalam rumah ada anak kecil atau ibu hamil mengingat kandungan asap obat nyamuk bakar bisa mengganggu kesehatan janin dan juga kesehatan pernafasan. Gunakan jenis obat nyamuk lain yang diyakini mampu membunuh nyamuk tanpa adanya asap yang bisa meracuni tubuh.