Hati-hati Mencabut Bulu Hidung Ini Bahayanya

DokterSehat.Com – Bulu hidung memiliki fungsi sebagai filter atau penyaring partikel-partikel kecil yang masuk ke dalam hidung. Partikel-partikel tersebut dapat berupa bakteri, debu, jamur atau spora yang semuanya bisa sangat berbahaya bagi kesehatan.



Kegunaan bulu hidung memang sangat fital, tapi kadang kala dapat mengganggu penampilan karena tumbuh berlebih hingga melebihi rongga hidung.  Hal ini dapat mengusik kenyamanan sehingga membuat kita mencabut bulu hidung tersebut. Padahal ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Berdasarkan apa yang telah diungkapkan oleh dr. Ababil Azhari, bahwa bila bulu hidung ini dicabut, maka akan memiliki dampak yang berbahaya, yakni menimbulkan infeksi pada rongga hidung. Kenapa bisa demikian? Ya, karena terjadinya infeksi itu sendiri timbul akibat dari mencabut bulu pada hidung, sehingga bisa mengakibatkan luka di bagian rongga hidung anda.

Maka dari itu, sebaiknya anda jangan mencabut bulu-bulu hidung tersebut. Dan apabila bulu-bulu hidung tersebut tumbuh hingga keluar dari rongga hidung, maka anda bisa cukup merapikannya saja dengan menggunakn gunting. Yakni dengan cara memotong pada ujung bulu-bulu hidung, sehingga bisa lebih aman dan tidak memiliki dampak berbahaya bagi kesenatan anda.

Selain itu, dr. Ababil juga menjelaskan bahwa, setiap helai dari bulu hidung yang anda miliki, ternyata mengandung zat membran mukosa. Dimana zat tersebut memiliki peran untuk mencegah beberapa partikel kecil layaknya virus, bakteri dan lainnya agar tidak masuk kedalam tubuh. Sehingga apabila bulu hidung ini tercabut hingga mengakibatkan bekas luka, dari situ nantinya akan bisa menjadikan bekas luka tersebut terjangkit oleh bakteri, virus yang dapat membahayakan bagi tubuh.

Dan efek buruknya pun akan timbul, diantaranya menjadikan kepala anda terasa sakit hingga merasa kesulitan untuk tidur. Jika hal demikian tidak segera diatasi dengan cepat dan tepat, maka bisa menimbulkan penyakit radang otak.  Sehingga mencabut bulu hidung ini, bisa menimbulkan masalah yang cukup serius bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga:  Minyak Cengkeh, Obat Alami Sakit Gigi

Untuk itu, hendaknya anda bisa lebih waspada dan berhati-hati untuk tidak mencabut bulu-bulu hidung, yang memang sudah menjadi anugerah ini.