Hati-Hati, Membakar Plastik Bisa Meningkatkan Resiko Terkena Penyakit!

DokterSehat.Com – Belakangan ini kita tentu mendengar berita tentang pelarangan penggunaan plastik yang diterapkan pada beberapa pusat perbelanjaan. Plastik dianggap sebagai bahan yang sangat tidak ramah bagi alam dan tidak mudah untuk diurai sehingga harus dikurangi penggunaannya. Kita pun cenderung akan memilih untuk membakar sampah yang terbuat dari bahan plastik karena tahu bahwa bahan ini akan akan sulit terurai di dalam tanah. Sayangnya, kebiasaan membakar plastik ini ternyata dianggap sebagai hal yang tidak baik dan bahkan membayakan bagi kesehatan tubuh kita!

doktersehat-Emboli-Paru-Penyakit-Paru-Obstruktif-Kronik-PPOk

Saat kita membakar plastik, tanpa kita sadari kita telah melepas berbagai bahan zat kimia berbahaya pembentuk plastik ke udara. Padahal, seringkali kita menunggu di sebelah tempat kita membakar sampah plastik tersebut dan kita pun beresiko menghirup berbagai bahan berbahaya layaknya volatil, dioksin, furan, hingga karbon monoksida yang sangat beracun. Bahan karbonmonoksida sendiri sudah dikenal luas sebagai salah satu gas buang yang sangat berbahaya bagi saluran pernafasan dan juga tubuh. Menghirup zat ini bisa menyebabkan kita mengalami pusing-pusing atau sakit kepala. Dalam beberapa kasus, menghirup gas karbon monoksida secara berlebihan akan memicu masalah pada penglihatan dan bahkan bisa menyebabkan hilangnya kesadaran.

Bahan dioksin dan fulan yang muncul jika kita membakar sampah plastik dikenal luas sebagai salah satu zat pemicu kanker dan bahkan bisa menyebabkan kecacatan bayi di dalam kandungan jika dihirup oleh ibu hamil. Selain itu, beberapa hormon pada tubuh serta sistem reproduksi juga bisa terganggu jika kita sering menghirup zat berbahaya ini. Dalam beberapa kasus, dioksin dan fulan juga meningkatkan resiko terkena kanker testis pada pria. Bahan volatil sendiri adalah bahan yang bisa membuat kerusakan besar pada sistem saraf dan menyebabkan terkena masalah kanker. Selain itu, infeksi pada saluran pernafasan layaknya asma dan juga ISPA juga bisa muncul jika kita menghirup bahan ini.

Baca Juga:  Ternyata Karbohidrat Tak Selalu Sehat

Lantas, adakah cara yang aman untuk membakar plastik? Pakar kesehatan menyebutkan jika akan sangat sulit untuk menghindari paparan berbahaya saat kita membakar plastik karena zat ini bisa menyebar kemana-mana mengikuti aliran udara. Cara terbaik untuk menghindari hal in tentu saja adalah dengan semakin mengurangi penggunaan bahan plastik sehingga kita pun tidak lagi harus membakar sampah plastik yang semakin menumpuk di dalam rumah.