Hati-Hati, Makanan Terpapar Pestisida Bisa Membuat Pria Mandul!

DokterSehat.Com – Sayuran dan buah-buahan adalah salah satu jenis makanan yang sehat dan sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari. Sayangnya, kini sayuran dan buah-buahan juga harus diseleksi dengan lebih seksama mengingat banyak sekali petani yang menyemprotkan pestisida saat menanamnya. Memang, pestisida sangat dibutuhkan untuk bisa membuat hasil panen sayuran dan buah-buahan dalam kondisi yang baik. Namun, paparan pestisida ini jika tidak dibersihkan dengan benar dan pada akhirnya termakan, akan bisa memberikan dampak yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

doktersehat-masalah-pasangan

Bagi kaum pria yang suka memakan buah-buahan dan sayuran, maka kini harus berhati-hati karena jika makanan yang dikonsumsi banyak memiliki residu pestisida, maka Ia pun beresiko mengalami masalah seksualitas, bahkan bisa mendapatkan kemandulan! Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat yang melibatkan 155 pria pada tahun 2007 hingga 2012 mempelajari masalah kesehatan reproduksi dengan detail, termasuk mempelajari makanan apa yang dikonsumsi oleh para pria, khususnya frekuensi dan jumlah konsumsi buah-buahan dan sayuran. Hasilnya adalah, mereka yang mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang memiliki banyak kandungan residu pestisida akan cenderung memiliki jumlah sperma yang jauh lebih rendah dari normal. Hal ini tentu akan mempengaruhi kemampuan mendapatkan keturunan.

Departemen Pertanian dari Amerika Serikat sendiri menyebutkan jika makanan layaknya bayam, stroberi, apel, hingga pir memiliki paparan residu pestisida yang tergolong tinggi, padahal, banyak orang yang menyukai makanan tersebut. Selain itu, kacang-kacangan, buah jeruk, dan juga bawang memiliki paparan pestisida yang cenderung lebih rendah. Sebagian dari pria yang diteliti diketahui mengkonsumsi 3,5 porsi buah dan sayuran setiap harinya dan jika separuh dari jumlah porsi yang dikonsumsi ini adalah makanan yang kaya paparan pestisida, maka pria pun beresiko menurunkan jumlah sperma hingga setengah atau bahkan dua per tiga dari jumlah normal.

Baca Juga:  Tumbuhnya Gigi Pada Anak Memicu Sakit Pada Gusi

Memang, hasil penelitian ini masih membutuhkan studi yang lebih lanjut untuk melihat dampak yang lebih spesifik bagi kesuburan pria. Namun, setidaknya kita kini harus menjadi lebih berhati-hati dan membersihkan sayuran dan buah-buahan dengan lebih baik sebelum dikonsumsi sehingga diharapkan paparan pestisida pun akan jauh berkurang sehingga kesehatan tubuh pun tidak terkena dampak yang serius.