Hati-hati Makanan Sehat Berikut Bisa Membuat Diet Gagal

DokterSehat.Com – Menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan kandungan gizi ternyata tidak semuanya berpengaruh baik untuk anda, khususnya mereka yang saat ini sedang menjalankan proses penurunan berat badan atau diet. Tahukah anda ternyata ada beberapa makanan sehat yang bisa memicu kenaikan berat badan pada tubuh anda yang mana akan berdampak pada hancur atau gagalnya peluang kesuksesan dari diet yang tengah anda jalani.

18

Para ahli diet dari Tesco menyusun beberapa daftar makanan sehat yang justru menjadi penghambat saat anda ingin menurunkan berat badan. Seorang ahli gizi bernama Chaterine Matthew menyarankan para pelaku diet untuk membiasakan diri menyantap sarapan dengan makan makanan yang tinggi akan protein sepeti telur yang akan membuat perut ada merasa kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama. Selain itu, diet yang saat ini anda jalani akan lebih lancar dan berpeluang besar untuk berhasil, jika anda menghindari konsumsi makanan sehat berikut ini :

  • Ayam
    Pada beberapa kasus, saat ayam dimasukan dalam menu makan anda saat berdiet, anda cenderung akan mengonsumsinya dalam jumlah yang sedikit dan membuang bagian kulitnya. Namun jika anda telah membuang kulitnya, sebaiknya jangan pernah mengolahnya dengan cara digoreng, karena hal tersebut akan sia-sia saja. Dengan demikian berarti anda membuang lemak pada ayam dengan membuang kulitnya namun kemudian anda kembali melahap lemak dengan cara menggoreng ayam yang hendak anda makan. Oleh karena itu sebaiknya, olahlah dengan cara memanggangnya. Membiarkan kulit ayam menempel pada daging dan mengolahnya dengan digoreng hanya akan meningkatkan angka kalori pada dada ayam menjadi tiga kali lipat lebih besar yakni 300 kalori.
  • Smoothies
    Makanan sehat ini mungkin terdiri dari beberapa bahan pokok yang begitu menyehatkan, seperti campuran buah buahan yang kaya akan vitamin dan tinggi mineral yang bermanfaat untuk kesehatan. Namun hal yang perlu anda ketahui adalah, minuman lembut ini juga memiliki kandungan gula yang begitu tinggi, untuk itu sebaiknya lebih banyaklah konsumsi buah segar saja.
  • Campuran buah dan kacang kering
    Pada kebanyakan kasus, campuran buah dan kacang kering terdiri dari buah yang dicampur secara bersamaan kemudian ditambahkan gula sedangkan kacang kering dibalut dengan garam sebagai perasa. Sebaiknya agar makanan yang anda konsumsi tak berpengaruh besar pada kenaikan berat badan anda, maka hindarilah mengkonsumsi kacang yang dibalut dengan garam serta buah berry.
  • Madu
    Madu memang biasa disebut sebagai pemanis alami. Namun biasanya terkandung banyak gula asli dalam madu yang kurang baik untuk kesehatan anda dan keberhasilan diet yang saat ini anda jalani. Untuk menggantinya, cobalah gunakan saus apel atau gula pengganti lainnya.
  • Minyak zaitun
    Selain kandungan gizi dan lemak jenuh yang lebih sedikit dibandingkan mentega, minyak zaitun juga banyak diyakini baik untuk jantung anda. Namun bagaimanapun juga, ini adalah minyak yang pasti memiliki kandungan lemak yang dapat membuat berat badan anda naik seiring dengan waktu penggunaannya yang terlalu sering. Dan tahukah anda terdapat 50 kalori yang terkandung dalam setiap sendok teh minyak zaitu. Untuk menggantinya, anda bisa menggunakaan minyak sedikit saja dengan cara disemprotkan.
  • Jus
    Ternyata dengan mengkonsumsi jus buah-buahan seperti jus jeruk, apel atau buah cranberry mampu meningkatkan kenaikan berat badan lebih cepat. Karena tahukah anda, terkandung sebanyak 150 kalori dalam setiap gelas jus yang anda konsumsi, angka tersebut justru lebih besar jumlahnya pada takaran kalori yang terdapat pada minuman bersoda yang hanya mencapai 139 kalori. Untuk itu, sebaiknya utamakan mengkonsumsi air putih yang sudah jelas mengandung mineral tinggi yang bermanfaat bagi tubuh anda.