Hati-Hati, Makanan dan Minuman Ini Bisa Membuat Gigi Anda Kuning

DokterSehat.Com – Gigi yang kuning membuat siapa saja menjadi tidak percaya diri dan memberikan efek kepada mereka untuk tidak bisa menjadi orang yang mudah bergaul. Gigi yang kuning tentunya memberikan anda kesan yang jorok dan juga kurang menarik. Anda harus mengetahui nahwa gigi kuning pada umumnya dipengaruhi oleh makanan yang anda konsumsi.

12

Untuk menghindari gigi yang menguning dan juga untuk mengantisipasinya, dibawah ini merupakan makanan yang mengandung zat yang mengakibatkan gigi anda jadi menguning :

  • Kopi dan teh
    Kopi dan teh memang bisa membuat gigi Anda kuning. Untuk mengurangi dampak negatifnya, Anda bisa menambahkan susu ke dalam kopi. Atau bisa memilih jenis teh herbal atau teh dengan warna yang lebih terang.
  • Saus tomat
    Wah, saus tomat kan bisa membuat rasa masakan makin enak dan sedap? Hmm, iya sih. Tapi saus tomat kan mengandung asam. Jadi Anda perlu berhati-hati ketika menggunakan saus tomat. Dan agar gigi tidak mudah menguning karena saus tomat, Anda bisa menambahkan bayam dalam menu yang dicampur dengan saus tomat tersebut.
  • Kari
    Lezatnya sepiring nasi kari memang sangat sulit untuk diabaikan. Tapi warna dari kuah kari ini bisa membuat gigi Anda menguning. Solusinya? Sama seperti ketika menggunakan saus tomat, Anda bisa menambahkan sayur bayam dalam menu kari Anda.
  • Aneka buah beri
    Raspberries, blackberries, dan blueberries memang buah yang kaya akan vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Hanya saja buah beri ini punya warna yang pekat dan juga mudah lengket di gigi. Jadi, setiap kali selesai mengonsumsi buah beri, segera minum air putih ya. Supaya warna gigi tetap terjaga dan tidak menguning.
  • Minuman kola dan soda
    Minuman kola dan soda yang dingin bisa membuat gigi ngilu dan akhirnya pori-pori makin terbuka lebar sehingga kandungan warna minuman kola dan soda bisa tersebut jadi mudah diserap gigi. Warna gigi pun bisa berubah.
Baca Juga:  Bolehkah Cabut Gigi Saat Sakit?

Selain segera minum air putih atau berkumur dengan air putih setelah mengonsumsi minuman atau makanan di atas, Anda juga bisa menggunakan alternatif lain agar gigi tidak kuning. Misalnya dengan menggosok gigi. Tapi menggosok gigi yang disarankan adalah 1,5 jam setelah Anda makan atau minum ya.