Hati-hati Kurang Tidur Mengambil Keputusan Terasa Lebih Sulit

DokterSehat.Com – Di kantor harus melakukan pertemuan atau mengambil keputusan penting? Sebaiknya tadi malam Anda tidak kurang tidur. Sebab studi mengungkapkan kurang tidur dapat memengaruhi kemampuan Anda berpikir dan mengambil keputusan lho.

19

Untuk membuktikan hal ini, peneliti dari Washington State University merancang eksperimen laboratorium guna mengetahuiapa efek dari kurang tidur dapat memengaruhi kemampuan berpikir dan mengambil keputusan penting.

Sekitar 26 peserta berpartisipasi dalam penelitian ini. Selama 6 hari, mereka diminta tinggal di sebuah laboratorium, di mana mereka kemudian diuji kemampuannya untuk mengambil keputusan. Setengah dari mereka tidak diperbolehkan tidur selama dua hari, sementara separuh lainnya diizinkan untuk beristirahat.

Setelah melewati serangkaian tes yang membuat mereka harus berpikir dan mengambil keputusan. Para peneliti menilai bahwa mereka yang cukup tidur lebih cepat dalam berpikir dan mengambil keputusan. Sementara peserta yang kurang tidur tampak sedikit lebih bingung dalam memahami instruksi.

Penting untuk diketahui bahwa kurang tidur memengaruhi kinerja otak. Di mana mereka menjadi tak mampu memproses umpan balik dari tindakan mereka. Kemampuan mereka untuk berpikir dan mengambil keputusan juga menurun, ujar Hans Van Dongen, dari Performance Research Center di WSU Spokane, seperti dikutip dari situs National Center for Biotechnology Information, Rabu (13/5/2015).

Studi sebelumnya yang dilakukan Integrated Sleep Services di Alexandriam Virginia juga menemukan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Mulai dari menurunkan sistem imun, merusak kerja pembuluh darah, menambah berat badan dan terutama mengganggu fungsi memori di otak. Bahkan tak hanya itu, studi ini juga mengatakan bahwa kurang tidur dapat membuat otak mengecil, seperti dikutip dari CNN.