Hati-Hati, Kenali 2 Gejala Umum Kanker Pita Suara

DokterSehat.Com – Penyanyi Rod Steward memang bersuara serak, tapi suara seraknya justru anugerah, bukan musibah. Lantas, bagaimana bila suara Anda yang tadinya tidak serak, tiba-tiba saja menjadi serak? Waspadalah, mungkin itu tanda datangnya musibah, yaitu kanker laring. Seperti yang kita ketahui, munculnya suara tidak lain karena adanya pita suara (plika vokalis) di dalam laring, yang terletak di antara tenggorok dan trakea. Pita suara itu akan bergetar dan menimbulkan bunyi jika terkena hembusan udara dari paru. Pita suara ini sangatlah sensitif, sehingga, sedikit saja terjadi kelainan padanya, akan berpengaruh pada suara yang dihasilkan.



Penyebab yang selama ini menjadi paling utama adalah rokok. Perokok aktif, terutama, yang menjadi sasaran berkembangnya sel kanker ini. Oleh karena itu, jika Anda menyayangi diri sendiri, maka juga harus diikuti dengan cara menyayangi bagian tubuh Anda yang lain, salah satunya adalah laring di mana terletak pita suara.

Jika ingin tahu bagaimana gejala kanker ini, maka berikut rangkumannya :

  • Perubahan suara
    Gejala ini adalah yang paling bisa diamati untuk kanker pita suara. Jika Anda memiliki gejala perubahan suara menjadi serak, sulit berbicara atau suara menghilang selama lebih dari 3 minggu, bisa jadi itu adalah gejala kanker laring. Hal ini dikarenakan ini merupakan gejala paling umum yang bisa ditandai dari kanker laring. Namun tentu saja bisa juga terjadi karena sebab lain.
  • Kesulitan menelan
    Gejala ini bisa dirasakan bertahap, dari mulai seperti terasa ada yang mengganjal di tenggorokan hingga merasa tersendat dan tidak bisa sama sekali menelan makanan. Anda mungkin pula mengalami rasa seperti panas atau rasa sakit saat menelan makanan. Anda mungkin juga merasakan ada makanan yang tersangkut di tenggorokan sehingga sangat mengganggu. Jika sudah begini, segera periksa ke dokter.
Baca Juga:  Cara Merawat Gigi agar Tidak Kuning

Itu tadi dua gejala utama kanker laring yang bisa Anda amati dan rasakan jika saja terserang kanker pita suara. Ada gejala lain yang juga mengikuti dua gejala tersebut, yaitu batuk-batuk, nafas pendek-pendek serta penurunan berat badan. Jadi, daripada harus merasakannya, lebih baik mencegah bukan? Yuk hentikan kebiasaan merokok.