Hati-Hati, Kecanduan Media Sosial Bisa Membuat Susah Tidur

DokterSehat.Com – Siapa sih orang yang tidak memiliki media sosial pada zaman sekarang ini? Perkembangan teknologi, khususnya teknologi dunia maya memang sangat pesat sehingga hampir semua orang baik itu di kota besar maupun yang tinggal di pelosok desa kini bisa mendapatkan berbagai manfaat dari internet. Salah satu produk dunia maya yang sangat populer adalah media sosial yang bisa membuat orang dari jarak yang jauh tetap terkoneksi setiap saat sehingga akan terasa tidak ada lagi jarak yang memisahkan. Sayangnya, dibalik manfaat silaturahmi yang diberikan oleh media sosial, penggunaannya yang berlebihan ternyata bisa berpengaruh buruk pada kualitas tidur kita.

doktersehat-hp-menyala-saat-tidur

Jika kita mau mencermati, kini ada banyak orang yang hampir tidak bisa lepas dari smartphone yang mereka miliki hanya untuk mengecek media sosialnya setiap beberapa menit sekali. Pakar kesehatan menyebutkan jika kecanduan media sosial ini bisa berpengaruh besar pada kesehatan mental, bahkan bisa mengganggu waktu tidur kita yang berkualitas. Sebuah penelitian dilakukan di Amerika Serikat mempelajari hubungan penggunaan media sosial dengan kualitas tidur yang didapatkan. Hasilnya adalah, dari 1.800 partisipan berusia 19-32 tahun ternyata bisa menghabiskan 60 menit waktunya dalam sehari hanya untuk mengecek media sosial. Dalam seminggu kegiatan mengecek media sosial ini bisa dilakukan hingga 30 kali.

Tiga puluh persen dari semua partisipan yang melakukan aktifitas mengecek media sosial dalam frekuensi tersebut ternyata mengalami gangguan tidur. Bahkan pakar kesehatan menyebutkan jika mereka yang lebih sering memakai media sosial akan beresiko mengalami gangguan tidur tiga kali lebih besar. Gangguan tidur ini ternyata bisa dipengaruhi oleh emosi penggunanya saat mengecek media sosialnya. Sebagai contoh, jika seseorang yang aktif di media sosial membahas banyak isu-isu yang sedang ramai atau bahkan kontroversial bisa memicu orang tersebut lupa waktu dan pada akhirnya kehilangan waktu tidur. Pancaran sinar layar smartphone juga diduga bisa memicu seseorang kesulitan untuk mebuat mata terpejam dan mengganggu irama sirkadian pada tubuh. Beberapa orang bahkan melaporkan jika mereka merasa cemas jika tidak mengecek media sosial saat sebelum tertidur dan bahkan bisa begitu penasaran andai tidak mengecek media sosialnya sehingga mereka pun kesulitan untuk tidur.

Baca Juga:  Awas, Bahaya Penyakit Ini Apabila Pria Lanjut Usia Rutin Berhubungan Intim

Dengan adanya fakta-fakta ini, ada baiknya kita kini juga harus berhati-hati dan lebih bijak dalam memakai sosial media agar tidak mencapai tahap kecanduan. Dibalik asyiknya aktif di media sosial, dampak buruk berupa gangguan waktu tidur ternyata bisa bisa terjadi pada kita sehingga ada baiknya kita pun mulai mengurangi penggunaan sosial media demi kebaikan tubuh.