Hati-Hati, Kebiasaan Ini Bisa Membuat Tulang Belakang Terasa Nyeri

DokterSehat.Com – Tulang belakang adalah salah satu bagian tubuh yang sangat penting. Selain berfungsi sebagai penyangga tubuh secara keseluruhan, tulang belakang juga menjadi tempat dimana banyak saraf berada sehingga mempengaruhi fungsi keseluruhan tubuh. Jika kita tidak menjaga kesehatan tulang belakang dengan benar, bisa jadi tulang belakang mengalami rasa nyeri atau bahkan berbagai masalah kesehatan yang jauh lebih serius. Apa sajakah hal-hal yang bisa menyebabkan rasa nyeri pada tulang belakang?

doktersehat-duduk-lama-kantor-kerja-resiko-diabetes

Pakar kesehatan spesialis ortopedi dari RS Pondok Indah bernama Luthfi Gatam memberikan pendapat tersendiri mengenai penyebab rasa nyeri pada utlang belakang. Dikarenakan rumitnya struktur tulang belakang, maka terdapat banyak faktor yang bisa menyebabkan rasa nyeri. Hanya saja, kini banyak pekerja kantoran yang cenderung duduk seharian di depan komputer memiliki resiko besar mendapatkan masalah rasa nyeri pada tulang belakang. Beberapa kebiasaan buruk di depan komputer layaknya duduk dengan porsi yang tidak pas, atau bahkan menatap layar komputer yang cenderung terlalu rendah juga bisa menyebabkan rasa nyeri mengingat beban kepala yang cenderung menjadi lebih berat dalam waktu yang lama. Tanpa disadari, kebiasaan duduk terlalu lama juga bisa memicu rasa sakit pada tulang belakang, apalagi pada area persendian.

Banyak orang yang mengendarai sepeda motor setiap hari juga memiliki resiko tinggi mengalami nyeri pada tulang belakang. Bagaimana tidak, kini banyak orang yang berkendara sepeda motor sehari-hari dengan posisi yang cenderung tertelungkup, khususnya para pengguna motorsport yang memang cenderung terlihat kurang nyaman. Cobalah untuk duduk dengan posisi tegak, apalagi jika anda adalah seorang komuter yang berkendara jarak jauh setiap harinya dengan sepeda motor.

Beberapa aktifitas lain yang bisa memicu rasa sakit pada tulang belakang adalah kebiasaan buruk dalam mengambil atau mengangkat benda, apalagi benda yang berat. Jangan paksakan diri untuk langsung membawa benda berat dari posisi berdiri dan langsung diangkat ke atas. Cobalah untuk mulai