Hati-Hati, Kebiasaan Harian Ini Bisa Membuat Volume Otak Mengecil

DokterSehat.Com – Salah satu jenis penyakit yang kini cukup banyak dikhawatirkan oleh banyak orang adalah penyakit demensia. Demensia yang pada awalnya kerap dikenal sebagai penyakit yang menyerang lansia ternyata kini juga bisa menyerang manusia pada usia yang produktif atau lebih muda. Berbagai kebiasaan harian yang buruk ternyata menjadi pemicu semakin menurunnya volume otak sehingga berubah menjadi demensia. Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk tersebut.

shutterstock_326869622 copy

Demensia bisa saja dimulai dengan kebiasaan kita melupakan beberapa hal kecil layaknya lupa meletakkan barang yang baru saja kita pakai. Tahukah anda, penyusutan volume otak kerap kali dimulai dari kebiasaan buruk layaknya kurangnya waktu tidur! Padahal, kini banyak orang yang mengeluhkan kurangnya waktu tidur karena banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan hingga larut malam atau bahkan karena sekadar memuaskan hobi melihat acara televisi kesayangan atau bermain game. Dari sebuah penelitian di Eropa yang mempelajari penurunan volume otak, partisipan yang cenderung kurang atau mengalami gangguan tidur ternyata mengalami penurunan volume otak jauh lebih cepat dari mereka yang mendapatkan waktu tidur berkualitas. Anda tentu tidak ingin bukan volume otak anda cepat menyusut hanya karena masalah kurang tidur yang sangat sepele?

Hal sepele lain yang bisa memicu penurunan volume otak adalah kebiasaan melewatkan sarapan pagi. Tanpa adanya sarapan pagi yang bisa memberikan “modal” energi untuk aktivitas harian, kadar gula dalam tubuh bisa sangat rendah sehingga bisa memicu minimnya aliran nutrisi ke dalam otak dan pada akhirnya membuat volume otak menyusut. Hal yang sama juga akan terjadi pada mereka yang cenderung menyepelekan air putih dan memilih jenis air lainnya. Padahal, air putih sangatlah dibutuhkan tubuh mengingat selain memenuhi kebutuhan cairan, air putih ternyata berperan besar pada sistem metabolisme tubuh. Mereka yang jarang minum air putih ternyata bisa mengalami masalah dalam membuat otak bisa berkonsentrasi dan bahkan bisa memicu penurunan volume otak.

Baca Juga:  Murid dan Guru Biologi

Penggunaan ponsel atau gadget yang berlebihan ternyata juga bisa mempengaruhi cepatnya penurunan volume otak. Tanpa kita sadari, ponsel bisa memberikan radiasi yang bisa memicu stress dan juga menurunnya volume otak. Hal ini diketahui oleh adanya penelitian yang dirilis oleh British Journal of Nutrition dimana gaya hidup modern yang sangat bergantung pada ponsel ternyata bisa menambah resiko terkena kanker otak, tumor otak, hingga penyakit demensia.