Hati-Hati Jika Menguncir Rambut Terlalu Lama

DokterSehat.Com – Menguncir rambut akan membuat rambut kita tidak terlalu ribet sehingga kita bisa melakukan banyak aktifitas tanpa terganggu kibasan rambut yang bisa membuat rasa gerah. Selain simpel, menguncir rambut akan membuat kita memiliki tampilan yang lebih praktis dan segar. Di Indonesia sendiri, banyak kaum hawa yang memakai jilbab memilih untuk menguncir rambutnya di dalam jilbab sehingga Ia pun tidak terlalu gerah. Hal ini berarti, banyak orang termasuk mereka yang memakai jilbab yang menguncir rambutnya dalam jangka waktu yang lama. Hal ini ternyata kurang baik bagi kesehatan.

doktersehat-mulism-naik-haji-jilbab

Dengan menguncir rambut, kita akan memberikan tekanan yang cukup besar pada rambut, apalagi jika kita melakukannya terlalu lama. Rambut yang tertekan terlalu lama akan beresiko mudah rapuh dan mengalami kerontokan. Saat kita akan menguncir rambut, kita akan menyisir atau menata rambut untuk diarahkan ke bagian belakang kepala sehingga akan mudah dikuncir dengan cukup kencang. Aktifitas ini ternyata bisa menarik kulit wajah ke belakang tanpa kita sadari dan jika kita sering melakukannya dalam waktu yang lama, kepala bisa terasa sakit dan bahkan bisa mengganggu sistem saraf!

Kunciran rambut yang cenderung terlalu ketat juga akan berpengaruh besar bagi kulit kapala. Rambut-rambut yang halus akan tertarik dengan karet pengikat dan membuat akar rambut menjadi rapuh. Bahkan, tarikan ini bisa memicu kerusakan pada folikel rambut yang pada akhirnya akan mengganggu pertumbuhan rambut baru dan membuat masalah kebotakan. Kulit kepala yang ikut mengalami tarikan dengan karet penguncir juga akan ikut mengalami stress berlebihan sehingga akan mudah mengalami kerusakan.

Untuk mengurangi dampak buruk menguncir rambut ini, ada baiknya kita tidak selalu menguncir rambut setiap saat. Berikan waktu istirahat bagi rambut dengan membiarkannya tergerai. Selain itu, cobalah untuk tidak menguncir rambut di saat rambut masih basah karena baru saja keramas. Pemilihan karet rambut juga sangatlah penting mengingat karet yang cenderung lunak dan elastis tidak akan terlalu menekan rambut dan kulit kepala. Hindari karet rambut yang terbuat dari karet gelang yang mengikat sangat kencang dan membuat rambut sulit dilepaskan.