Hati-Hati, Hal Berikut Bisa Menyebabkan Anak Kegemukan

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan yang berasal dari Apollo Clinic di Hyberabad, India, bernama dr. NS Rao menyebutkan jika kasus anak yang mengalami masalah kegemukan terus meningkat di seluruh dunia. Beliau menyebutkan jika anggapan bahwa anak yang gemuk adalah anak yang sehat memicu hal ini. Padahal, anak yang mengalami obesitas cukup rentan terkena berbagai masalah kesehatan yang serius. Dr. Rao pun menyarankan orang tua untuk lebih baik dalam menjaga berat badan anak tetap ideal. Berikut adalah beberapa hal yang bisa diperhatikan oleh orang tua jika tidak ingin anaknya mengalami masalah berat badan.

doktersehat-anak-kecil-kegemukan-obesitas

Pemilihan makanan jelas menjadi hal pertama yang harus diperhatikan oleh orang tuanya agar anaknya tetap terjaga berat badannya. Banyak orang tua yang tidak mengenalkan makanan sehat layaknya sayuran hingga buah-buahan sejak dini sehingga mereka pun malas mengkonsumsi makanan tersebut. Sebaliknya, mereka kerap memberikan makanan yang manis atau yang enak dikonsumsi layaknya kue, biskuit, hingga makanan cepat saji. Anak-anak pun cenderung hanya ingin makanan yang manis dan kaya lemak saja sehingga berat badannya pun beresiko mengalami masalah kegemukan.

Anak jaman sekarang juga cenderung lebih kurang aktif jika dibandingkan dengan anak jaman dahulu. Permainan luar ruangan kini telah kalah dengan internet, game di gadget, atau bahkan tayangan televisi. Perkembangan teknologi juga banyak membuat anak menjadi kurang gerak sehingga rentan terkena masalah obesitas.

Faktor terakhir yang jarang disadari orang tua adalah masalah kegemukan ternyata bisa berasal dari faktor genetik atau keturunan. Jika orang tua memiliki riwayat obesitas, maka orang tua harus lebih berhati-hati dalam menerapkan pola makan dan gaya hidup pada anaknya agar tidak mengalami hal yang serupa. Orang tua haruslah menjadi contoh tentang penerapan gaya hidup yang sehat layaknya mengkonsumsi makanan dengan kadar gizi seimbang dan rutin melakukan olahraga.