Hati-Hati Gejala Diare Pada Ibu Hamil

DokterSehat.Com – Lagi-lagi kondisi ibu yang sedang hamil pelu perhatian yang super ekstra. Banyak sekali bahaya yang siap mengancam keselamatan dari calon ibu dan janin. Bukan bermaksud untuk menakuti atau membuat emosi menjadi tidak stabil tetapi bersikap hati-hati lebih baik daripada tidak waspada. Jadi jangan anggap remeh ketika seorang ibu hamil terkena diare.



Diare adalah kondisi dimana seseorang sering buang air besar lebih dari tiga kali dengan bentuk yang lebih lunak. Semua orang bisa terkena diare termasuk juga ibu hamil. Biasanya faktor penyebabnya adalah berasal dari makanan dan gaya hidup yang kurang bersih.

Jika gaya hidup kita sudah cukup sehat maka bisa disinyalir bahwa sumber dari datangnya diare tersebut berasal dari makanan yang tidak bersahabat dengan saluran pencernaan. Makanan yang pedas dan bersanta biasanya mampu memicu seseorang untuk terkena diare.

Selain kedua faktor tersebut ternyata faktor emosi yang tidak stabil dari ibu hamil juga memiliki peran yang penting untuk terjadinya diare. Kondisi emosi yang kurang stabil akan mampu merangsang produksi asam lambung dan mempengaruhi kinerja dari saluran pencernaan. Kondisi yang seperti inilah yang bisa memicu seorang ibu hamil untuk terkena diare.

Jika ibu hamil mengalami diare ringan maka tidaklah menjadi masalah. Namun jika seorang ibu hamil terkena diare akut maka hal tersebut bisa bermasalah. Kondisi diare yang akut sehingga seorang ibu hamil kehilangan cairan mampu mempengaruhi kinerja organ tubuh sehingga bisa saja terjadi kontraksi dan relaksasi otot.

Selain itu, kondisi diare yang disertai dengan demam juga mampu memicu terjadi kelahiran yang prematur dan keguguran. Jadi sebagai seorang ibu dan calon ayah sudah seharusnya selalu waspada manakala terjadi diare pada ibu hamil.

Baca Juga:  Tips Menghindari Kekhawatiran Seputar Kehamilan

Sebagai langkah pengobatan pertama jika mengalami diare ringan adalah dengan banyak meminum air putih yang dicampur dengan madu. Sangat dilarang untuk mengkonsumsi obat diare yang ada di pasaran. Jangan mengkonsumsi produk olahan, susu, keju, kol, apel, kubis, jagung, kentang, roti, dan gandum. Disarankan untuk mengkonsumsi vitamin B dan asam folat.

Untuk langkah pencegahan agar tidak terjadi diare pada ibu hamil maka harus bisa mengatur emosinya agar kesehatan terjaga. Selain itu, selalu hidup sehat dan jangan mengkonsumsi obat pencahar.