Hati-hati Es Teh Bisa Sebabkan Batu Ginjal

DokterSehat.Com – Minum es teh dikala cuaca panas atau minum es teh setelah selesai makan memang terasa nikmat dan menyegarkan, namun tidak kita sadari bahwa sering meminum es teh ternyata bisa mengakibatkan hal buruk bagi ginjal.



Namun, bagi Anda yang memiliki kecenderungan mengalami pembentukan batu ginjal sebaiknya berhati-hati. Penelitian terbaru menyarankan, sebaiknya beralih dari es teh ke air putih dengan lemon atau jus lemon. Menurut para ahli, batu yang terbentuk dari kristal di dalam ginjal atau saluran air seni dari ginjal ke kandung kemih mempengaruhi sekitar 10% populasi Amerika Serikat. Pria tercatat memiliki resiko empat kali lebih besar dibandingkan dengan wanita.

Batu Ginjal merupakan kristal kecil yang terbentuk dari mineral dan garam yang biasanya ditemukan dengan air seni, ginjal maupun saluran kemih. Mineral tidak terpakai itu umunya bisa keluar dari tubuh bersama urin, akan tetapi dalam kondisi seperti halnya itu bisa mengendap dan membatu di dalam saluran kemih. Resiko pembentukan batu ginjal tersebut biasanya akan meningkat setelah berusia 40 tahun. Kandungan zat oxalate adalah sebagai salah satu kunci pembentukan pada batu ginjal dan terdapat didalam es teh dalam tingkat konsentrasi.

Dalam kegagalan untuk menjaga kecukupan cairan dalam tubuh adalah salah satu dari penyebab utama pembentukan gagal ginjal. Dengan tingginya suhu udara dan tingkat kelembabannya sering kali menyebabkan keringat yang berlebih dan dehidrasi, kemudian didukung oleh tingginya konsumsi es teh. Itu semua dapat meningkatkan resiko gagal ginjal pada saat ini.

Tea Association dari Amerika Serikat melaporkan, bahwa warganya telah mengonsumsi sekitar 1,91 miliar galon es teh pertahun. Hal tersebut dilatari dengan keyakinan bahwa minuman tersebut lebih sehat dibandingkan minuman lainnya seperti soda dan bir.