Hati-hati Diet Berlebihan Picu Sakit Maag

DokterSehat.Com – Masalah berat badan bukan hanya kegemukan. Orang yang berbadan kurus (underweight) juga resah. Mereka merasa terlalu tidak ideal bobot tubuhnya sehingga kurang percaya diri bahwa lemak di tubuh kebayakan orang  sebagai biang keladi kegemukan.

19

Untuk membuat berat badan naik, kebanyakan orang harus memasukkan lemak, sebanyak-banyaknya atau meningkatkan pola makan yang tidak beraturan. Namun,  bukan begitu pasalnya, lemak terlalu banyak masuk ke tubuh akan berdampak tidak baik dan rawan sakit pencernaan. Jadi harus tetap seimbang,  meliputi karbohidrat, lemak, protein dan vitamin.

Selain itu, orang yang kelebihan berat badan biasanya selalu belomba untuk menurunkan  berat badan degan segala cara, yang di sebabkan karena bayak mengikuti iklan-iklan  di berbagai media, Sehingga hal tersebut sangat rawan terkena penyakit maag , seperti yang di kutip http://www.mantapp.com, masalah kelebihan berat badan bisa dialami siapa saja, termasuk penderita maag. Namun, menjalankan program diet bukan hal yang mudah. Gangguan pada saluran pencernaan akan menyebabkan kembung, sakit di ulu hati, dan beberapa keluhan lain yang dipicu oleh jumlah asam lambung berlebih.

Sebenarnya, lambung memproduksi asam lambung secara teratur untuk membantu mencerna makanan. Namun, jika asam lambung terproduksi secara berlebih, inilah yang menyebabkan masalah. Produksi asam lambung akan meningkat ketika tubuh membutuhkannya, misalnya ketika tubuh membutuhkan asupan makanan.

Nah, gangguan pada maag akan terjadi ketika pola makan kita berubah. Jadwal makan yang tak beraturan, menyebabkan lambung sulit beradaptasi. Jika produksi asam lambung ini terjadi terus-menerus, maka akan mengiritasi dinding mukosa pada lambung. Inilah yang menyebabkan rasa perih dan mual, yang akhirnya memudarkan niat untuk berdiet.

Kurangi pemicu

Meski menderita gangguan lambung, prinsip menurunkan berat badan tetap sama, yaitu makan teratur, mengurangi asupan lemak, dan rutin berolahraga. Bedanya, penderita maag ada baiknya mengurangi makanan yang merangsang asam lambung, seperti durian, kopi, keju, makanan yang terlalu pedas, dan yang banyak mengandung gas.

Baca Juga:  Mengatasi Rasa Malas Sarapan Pagi Saat Hamil

Berikut tiga tips diet sehat bagi penderita maag :

  • Perkecil porsi
    Kurangi jumlah makanan hingga 1/3 atau 1/2 dari porsi yang biasa Anda makan. Ganti camilan dengan buah-buahan segar yang tidak asam. Minum susu MILKUMA atau teh hangat tanpa gula. Sebagai teman minum teh, Anda bisa memilih crackers sehat. Selain itu, hindari pengolahan makanan dengan minyak atau santan kental. Di tengah menjalani program diet ini, jika perlu berkonsultasilah dengan dokter untuk konsumsi obat maag.
  • Step by step
    Menurunkan berat badan sebaiknya tak dilakukan secara drastis. Capailah berat badan ideal dalam beberapa tahap. Misalnya, tahap pertama, tentukan target menurunkan berat badan sekitar 5-10 persen atau 4-9 kg dari berat badan saat ini. Setelah target pertama tercapai, barulah menentukan target kedua, dan selanjutnya.
  • Makan teratur
    Makan dengan jarak waktu teratur adalah prinsip utama bagi penderita maag. Makanlah dalam porsi kecil setiap 3 jam sekali. Jangan pernah membiarkan perut terlalu lama kosong. Selain mengurangi makan, cobalah lebih teratur berolahraga, misalnya jalan kaki 30 menit sehari.