Hati-Hati dengan Polisitemia Vera!

DokterSehat.com – Polisitemia Vera merupakan suatu kelainan dari sel prekursor darah yang mengakibatkan jumlah sel darah merah menjadi berlebihan. Kelainan ini jarang dialami, biasanya hanya mengenai lima dari sejuta orang. Penderita kelainan ini rata-rata terdeteksi saat usia 60 tahun, namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada usia yang lebih muda.



Gejala

Sel darah merah yang berlebihan berdampak pada penambahan volume darah dan mengakibatkan darah menjadi lebih kental. Akibatnya, darah kesulitan mengalir melalui pembuluh darah yang kecil (hiperviskositas). Jumlah sel darah merah juga dapat meningkat tajam sebleum munculnya gejala.

Gejala awal yang nampak seringkali berupa lelah, lemah, pusing, sakit kepala, dan sesak napas. Selain itu, penderita juga akan mengalami gangguan penglihatan dan kemungkinan memiliki bintik buta atau dapat melihat kilatan cahaya.

Gejala lain yang ditunjukkan antara lain perdarahan pada gusi, kulit wajah tampak kemerahan, gatal di seluruh tubuh terutama setelah mandi air hangat, terkadang tulang terasa nyeri, pembesaran limpa yang mengkibatkan timbulnya sakit perut, serta kaki dan tangan seperti terbakar.

Pengobatan

Pengobatan kelainan ini bertujuan untuk memperlambat pembentukan sel darah merah serta mengurangi jumlah sel darah merah. Biasanya sel darah diambil dari tubuh dengan prosedur yang disebut flebotomi. Setiap hari akan dilakukan pengambilan sejumlah kecil darah hingga nilai hematokrit mulai menurun. Bila hematokrit sudah normal kembali maka darah akan diambil tiap beberapa bulan sesuai kebutuhan.

Pada beberapa penderita, pembentukan sel darah merah di sumsum tulang bertambah cepat, sehingga jumlah trombosit di dalam darah meningkat atau limpa dan hatinya membesar.

Flebotomi juga mengakibatkan bertambahnya jumlah trombosit dan tidak mengakibatkan berkurangnya ukuran organ tubuh, sehingga penderita memerlukan kemoterapi untuk menekan pembentukan sel darah. Biasanya diberikan obat antikanker hidroksiurea.

Baca Juga:  Olahraga Bagi Penderita Asma

Obat lainnya bisa mengendalikan beberapa gejala:

  • Aspirin dapat mengurangi rasa panas di kaki dan tangan, serta mengurangi nyeri tulang.
  • Antihistamin dapat membantu mengurangi gatal