Hati Hati Dengan Penyakit AIDS Terbaru

DokterSehat.Com – Hati-hati, ada serangga penyebar AIDS. Serangga pengisap darah ini dijuluki AIDS baru di benua Amerika oleh para ahli. Serangga bernama Triatome ini menyebarkan parasit yang mengakibatkan penyakit Chagas.



Menurut studi terbaru, penyakit parasit yang disebut Chagas memiliki kesamaan dengan penyebaran awal HIV. Mirip dengan AIDS, Chagas sulit untuk dideteksi dan dapat bertahun-tahun sammppai gejalanya muncul.

Menurut catatan jurnal PLoS Neglected Tropical Diseases, penyakit Chagas akan mengakibatkan pembengkakak di bagian jantung atau. Jika sudah parah, kedua organ ini bisa pecah dan menyebabkan kematian mendadak.

Triatoma infestans adalah predator malam yang menghisap darah mamalia saat mereka tertidur. Panjangnya sekitar 2,5 cm. Sebuah belalai (ramping, seperti jarum proyeksi) memanjang dari kepala anterior yang digunakan untuk menembus kulit dan darah mengisap – vampir bug.

Triatoma jantan lebih besar dari betina. Sayapnya yang tipis, transparan, dan menutup bagian atas perut. Hanya yang telah dewasa yang memiliki sayap. Sayap ini tidak efisien untuk terbang namun efektif untuk meluncur dan bergerak. Triatomines lebih suka bersarang di atap dan langit-langit. Triatoma memiliki sensor yang mengarahkan mereka ke manusia dan makhluk berdarah panas lainnya. Triatoma dapat bergerak di atas 100 meter dengan bantuan arus udara yang memungkinkan mereka melakukan perjalanan menjelajah dari rumah ke rumah.

Triatoma infestans adalah pengisap darah. Mereka memerlukan makanan darah untuk melewati lima tahapan untuk menjadi dewasa. Setidaknya ada sekitar 10 juta orang di seluruh dunia sudah terinfeksi penyakit ini, dengan 10 ribu orang diantaranya dikabarkan meninggal pada tahun 2008 silam.

Kini penyakit yang pada awalnya tersebar di Meksiko, Bolivia, Kolombia hingga Amerika Tengah, telah menyebar luas ke wilayah Amerika Serikat (AS).

Baca Juga:  Gerakan Ibadah Umat Islam Setara Senam Kegel untuk Atasi Disfungsi Ereksi

Dengan alasan itulah kini serangga Triatome dijuluki sebagai AIDS baru di benua Amerika.