Hati-Hati Dengan Bahaya Pembekuan Darah!

DokterSehat.Com – Jika mendengar tentang masalah pada darah, hal pertama yang akan kita takutkan adalah masalah tekanan darah tinggi atau bahkan penyumbatan pada pembuluh darah yang bisa memicu penyakit stroke yang sangat mematikan. Sayangnya, selain masalah-masalah tersebut, darah juga bisa mengalami pembekuan yang juga bisa memberikan resiko kematian yang sangat tinggi. Catatan kesehatan bahkan menyebutkan jika masalah pembekuan darah ini bisa menyerang satu dari empat orang di dunia. Dunia medis sendiri menyebutkan masalah ini dengan masalah thrombosis.

doktersehat-Polisitemia-Vera-sumsum-darah-thalassemia-hemofilia-B-bekuan-darah

Meskipun memiliki porsentasi kematian sangat tinggi, kebanyakan masyarakat, bahkan masyarakat seluruh dunia ternyata memiliki ketidaksadaran yang sangat tinggi tentang bahaya dari pembekuan darah. Sebuah survei yang dilakukan oleh International Society Thrombosis and Haemostasis yang dilakukan pada delapan negara menunjukkan jika masyarakat ternyata memiliki kadar ketidaksadaran sekitar 68 persen. Tingkat ketidaksadaran ini sangatlah rendah jika dibandingkan dengan masalah kesehatan lainnya.

Sebagaimana masalah tekanan darah tinggi atau penyumbatan pada pembuluh darah, thrombosis juga bisa membuat masalah serangan jantung atau stroke. Dalam beberapa kasus, penderita pembekuan darah yang terjadi pada pembuluh vena di kaki bisa mencapai area paru-paru dan bisa menyebabkan kematian mendadak. Kasus yang disebut sebagai venous thromboembolism atau VTE ini diyakini menyerang satu hingga tiga orang dari 1.000 orang di seluruh dunia. Bahkan, persentase ini bisa meningkat drastis jika berusia 70 tahun atau lebih. Di Amerika Serikat sendiri tercatat ada sekitar 100.000 hingga 300.000 orang yang meninggal setiap tahunnya karena VTE. Sementara itu, di Eropa, jumlah orang yang meninggal karena VTE bahkan jauh lebih tinggi setiap tahunnya dengan angka sekitar 500.000 orang.

Jika kita mengalami gejala pembekuan darah layaknya rasa nyeri pada dada yang disertai dengan sesak nafas, denyut yang sanagt cepat pada nadi, pusing-pusing, hingga batuk berdarah, maka ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter sehingga kita bisa mencegah masalah pembekuan darah menjadi masalah yang jauh lebih berbahaya dan mematikan.