Hati-Hati Dengan Bahan Makanan Pada Jajanan

DokterSehat.Com – Jajanan pinggir jalan biasanya memiliki citarasa yang khas dan menarik mengingat jajanan ini bisa mengingatkan kita pada masa kecil kita yang penuh keceriaan. Sayangnya, jajanan pinggir jalan kini dianggap sebagai makanan yang belum bisa dijamin kesehatannya. Banyak sekali bahan pembuat jajanan pinggir jalan yang diklaim mengandung bahan-bahan kimia berbahaya yang bisa membuat kesehatan tubuh memburuk. Berikut adalah beberapa bahan makanan yang sering kali terdapat pada jajanan yang harus kita waspadai.

doktersehat-dagang-makanan-pinggir-jalan

Bahan pewarna buatan adalah bahan makanan pertama yang harus kita waspadai. Dengan memakai bahan pewarna buatan, jajanan akan menjadi lebih menarik perhatian sehingga akan ada banyak orang yang tertarik untuk membelinya. Sayangnya, bahan pewarna buatan ini memberikan resiko yang sangat besar bagi kesehatan tubuh, khususnya jika dikonsumsi oleh anak-anak. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 menunjukkan bahwa pewarna buatan ternyata bisa membuat anak menjadi jauh lebih hiperaktif dan bahkan banyak pakar yang menyebutkan jika bahan pewarna buatan bisa membuat resiko tubuh terkena kanker menajdi lebih besar.

Bahan makanan berikutnya yang diyakini sangat berbahaya bagi tubuh adalah bahan sirup jagung yang tinggi fruktosa atau semacam pemanis buatan. Makanan atau minuman yang memakai bahan ini ternyata bisa membuat tubuh beresiko terkena diabetes tipe dua dan juga obesitas. Selain itu, pemanis buatan lain layaknya aspartame juga disebut-sebut sebagai salah satu penyebab penyakit kanker, leukimia, hingga tumor otak,

Bahan makanan lain yang sangat berbahaya adalah bahan sodium benzoat, bahan ini dapat membuat makanan menjadi lebih awet sehingga tidak mudah basi. Sayangnya, sebuah penelitian justru menunjukkan bahwa sodium benzoat bisa membuat anak menjadi hiperaktif dan bahkan bisa memicu kanker. Selain itu, makanan dari bahan daging olahan layaknya sosis atau daging kalengan banyak yang memakai zat aditif berupa sodium nitrat. Bahan ini diyakini bisa menyebabkan kanker lambung yang tentu sangat berbahaya.

Baca Juga:  Jenis Mainan Anak yang Baik untuk Perkembangannya

Tidak semua jajanan di pinggir jalan memiliki kandungan-kandungan berbahaya seperti yang disebutkan di atas. Hanya saja, kita kini harus menjadi lebih waspada dan memilih jajanan mana yang diyakini lebih higienis dan lebih sehat untuk dikonsumsi, termasuk diantaranya adalah jajanan yang tersedia di supermarket atau toko-toko yang juga kerap kali masih memakai bahan-bahan makanan di atas.