Hati-hati Dampak Anemia Bisa Menyerang Organ Jantung

DokterSehat.Com – Pada kondisi tubuh kurang zat besi, dapat memicu hadirnya anemia. Akan tetapi pada mereka yang berisiko gagal jantung, kondisi kekurangan zat besi bisa memicu juga kondisi kesehatan tubuh yang lainnya.

11

Pada kebanyakan perempuan muda, kondisi kekurangan zat besi sering terjadi. Ini lantaran darah di dalam tubuh mudah berkurang saat datang bulan. Hal sebaliknya pada mereka para perempuan yang berusia lanjut. Kondisi kekurangan zat besi rawan terjadi lantaran pola diet yang terlalu buruk atau bisa juga karena riwayat penyakit kronis yang pernah diidapnya. Adanya penyakit spesifik yang lain seperti misalnya maag yang bisa memicu adanya perdarahan lambung, bisa juga mempengaruhi adanya defisiensi zat besi.

Seperti sama-sama kita ketahui, keberadaan sel darah merah adalah penting sebagai sebuah sarana transportasi bagi zat gizi utamanya oksigen. Nah, jika dalam kondisi sedang terkena anemia, maka kadar Hemoglobin (Hb) di dalam tubuh rendah. Padahal, tugas utama dari Hb adalah membawa oksigen menuju ke seluruh darah. Inilah yang menyebabkan rasa lemas tersebut.

Dampak dari sedikitnya jumlah oksigen yang dibawa masuk ke dalam darah tersebut, organ jantung akan bekerja lebih keras dengan tujuan mencukupi kebutuhan oksigen pada seluruh aliran darah. Oleh karenanya, serangan anemia ini sebenarnya juga akan menambah beban pada kerja jantung.

Dr Yeo, yang merupakan spesialis jantung di Singapura, menjelaskan bahwa pada proses penyerapan kandungan zat besi di makanan ataupun tablet cenderung lambat. Bahkan butuh waktu hingga berminggu-minggu sampai berbulan-bulan untuk sekedar mengganti suplai kandungan zat besi tubuh agar cukup. Maka saat ini, ada terobosan baru yakni cukup dengan injeksi.

Bagi anda, siapapun itu, wajib waspadai gejala anemia. Karena jelas akan mengganggu kerja tubuh dalam beraktivitas.