Hati-Hati Dalam Menyisir Rambut

DokterSehat.Com – Jika kita membicarakan tentang perawatan rambut yang baik, maka hal pertama yang akan kita pikirkan tentu adalah bagaimana membersihkan rambut dengan baik dan menjaga nutrisinya dengan baik. Jarang sekali kita memikirkan tentang perlakuan kita sehari-hari pada rambut kita yang ternyata juga bisa berpengaruh besar pada kesehatan rambut. Sebagai contoh, penggunaan pengering rambut ternyata bisa memicu rambut menjadi stress dan pada akhirnya mengalami kerusakan. Hal yang sama berlaku jika kita ternyata menyisir rambut dengan cara yang salah. Padahal, kita tentu akan menyisir rambut kita setiap hari untuk membuatnya menjadi lebih rapi. Berikut adalah beberapa cara menyisir rambut yang kurang direkomendasikan.

doktersehat-rambut-rontok-botak-kebotakan-alopecia

Hal pertama yang sangat sering kita lakukan adalah menyisir rambut saat rambut masih dalam kondisi basah. Rambut yang basah memang cenderung lebih mudah untuk ditata. Sayangnya, saat rambut masih basah setelah dikeramasi, serat-serat di dalam rambut ternyata memiliki banyak uap air sehingga kondisi rambut pun menjadi lebih tegang, lebih lemah, dan cenderung akan mudah patah. Menyisir rambut di kala masih basah diyakini mampu membuat kerontokan atau kerusakan rambut menjadi semakin parah.

Pernahkah anda mempertimbangkan bentuk atau jenis sisir yang anda pakai? Kebanyakan dari kita akan asal memilih sisir sesuai dengan selera saja dan pada akhirnya memilih sisir dengan bentuk gigi yang cenderung besar. Sisir ini ternyata bisa memubuat tekanan yang berlebihan pada rambut sehingga pada akhirnya rambut akan lebih mudah rontok. Selain itu, banyak dari kita yang tidak begitu peduli dengan kebersihan sisir dan terus menggunakannya meskipun sudah sangat kotor. Banyak residu rambut yang akan kembali menempel pada kulit kepala atau rambut sehingga rambut pun akan kotor. Cobalah untuk mencuci sisir rambut setidaknya seminggu sekali.

Baca Juga:  Makanan Apa Saja Yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi di Malam Hari?

Kebiasaan lain yang sering kita lakukan adalah dengan menyisir rambut terlalu banyak hanya karena ingin membuatnya lebih mudah diatur dan lebih halus. Sayangnya, hal ini justru bisa memicu kerusakan pada rambut. Selain itu, banyak dari kita menyisir rambut dengan kasar dimana sisir ditarik dari akar rambut atau kulit kepala dan diarahkan ke bagian ujung rambut. Kebiasaan ini bisa memicu kerusakan folikel rambut. Cobalah untuk menyisir rambut dengan lebih lembut agar kerusakan rambut bisa dicegah.