Hati-hati, Bulu Mata yang Panjang Bisa Bahayakan Mata!

DokterSehat.Com – Apa arti bulu mata bagi wanita? Mungkin segalanya, bahkan Syahrini saja tidak akan bisa keluar rumah tanpa bulu mata palsu. Wah, segitunya Ladies. Namun benarkan bulu mata begitu pentingnya hingga tak bisa ditinggalkan? Sebagian wanita mungkin percaya bahwa jika ingin tampil cantik sempurna, make up mata itu penting, apalagi bulu mata.



Namun tahukah Anda, dikutip dari foxnews.com, sebenarnya bulu mata terlalu panjang itu justru berbahaya bagi kesehatan mata. Sebuah penelitian memberi percobaan kepada hewan untuk menguji kemampuan bulu mata yang baik. Dari penelitian tersebut, dibuktikan bahwa bulu mata yang panjangnya sepertiga dari lebar mata adalah yang paling bagus karena menunjukkan fungsi bulu mata yang optimal.

Bulu mata yang panjang alami dapat menyaring debu dan kotoran dari udara yang akan masuk ke mata serta mencegah penguapan cairan mata secara berlebihan. Kalaupun bulu mata sangat pendek, bulu mata asli tetap lebih baik daripada bulu mata palsu karena bulu mata palsu bisa membawa bakteri yang bisa menyebabkan gatal atau infeksi pada mata.

Tes yang sama memang belum diberikan pada wanita, namun dokter mengatakan bahwa kasus mata kering sering datang padanya disebabkan oleh penggunaan maskara untuk memperpanjang bulu mata. Meskipun tidak selalu berbahaya, namun penggunaan maskara bisa jadi salah satu faktor gangguan mata kering.

Masalah lebih serius bisa ditimbulkan jika Anda melakukan ekstensi bulu mata atau penggunaan bulu mata palsu. Asam dalam lem yang melekatkan bulu mata memiliki bahan kimia yang bisa menyakiti kornea dan bahkan bisa membuat lecet mata.

Jadi, jika memang ingin tampil cantik menggunakan bulu mata tanpa membahayakan kesehatan mata, sebaiknya menumbuhkan bulu mata secara alami saja, mengurangi penggunaan maskara dan bulu mata ya Ladies.