Hati-hati, Barang-barang ini Berbahaya Untuk Kesehatan!

DokterSehat.Com – Sebagai mahasiswa seringkali kita tidak berhati-hati dan sembarangan dengan tiap barang yang dimiliki, ini harus kamu waspadai, karena beberapa barang yang sangat dekat itu justru bisa jadi sarang kuman penyebab sakit.

5

Simak berikut ini :

  • Tisu bekas
    Salah satu kebiasaan jorok yang dilakukan mahasiswa adalah menyimpan tisu bekas di kantong celana atau tas mereka. Kamu harus berhat-hati karena ada penelitian yang menyebutkan jika virus penyebab flu dapat bertahan lama di dalam tisu bekas. Jadi, dari sekarang jangan pelihara tisu bekas lama-lama dan segera cari tempat sampah.
  • Uang
    Ya, uang memang dibutuhkan semua orang. Dan setiap detiknya selalu berpindah tangan dari orang yang satu, ke pemilik toko hingga pelanggan lain. Gak ada satupun yang tahu siapa yang pertama kali memegang uang dan menyebarkan bakteri pada semua orang lewat uang tersebut. Berdasarkan sebuah studi di Amerika dikatakan apabila dalam satu lembar uang terdapat 135.000 bakteri. Jadi, biasakan mencuci tanganmu setelah memegang uang.
  • Laptop
    Saat ini, laptop sudah menjadi barang wajib untuk mahasiswa. Setiap ada tugas, pasti laptop akan menjadi sahabat andalan. Tapi, sayangnya seringkali kita menyimpan laptop di sembarangan tempat, dan memperlakukannya dengan seenaknya hingga berbebu. Dari sekarang, cobalah untuk lebih memperhatikan laptop kamu. Debu pada tubuh dan keyboard laptop bisa tertempel di jari. Dan tanpa sengaja, ketika sedang mengetik, jari itu kamu gunakan untuk makan cokelat atau memegang wajah dan mulut. Ini bahaya banget buat bikin bakteri-bakteri itu masuk ke tubuh, bahkan bikin muka kamu jerawatan. Bahkan banyak studi yang mengatakan apabila kandungan bakteri pada keyboard yang kotor sama dengan kandungan bakteri pada dudukan toilet. Jadi, rawatlah laptopmu dari sekarang dan beri tas cantik untuk menyimpannya.
  • Make Up
    Buat kamu yang suka memakai make up, berhati-hatilah dengan alat kosmetik yang udah kadaluarsa, terutama maskara, karena bisa jadi sarang kuman yang berkembang biak di tubenya. Begitu pula kamu yang suka berbagi alat make up dengan teman-teman. Jangan pernah dilakukan lagi, karena bisa membuat kuman menjadi berpindah. Terutama bila teman kamu memiliki masalah pada kulit wajahnya, seperti berjerawat.
  • Ponsel & Gadget
    Ponsel dan gadget seolah menjadi sesuatu yang wajib bagi anak kuliahan saat ini. Baik karena fungsinya atau sekedar buat gaya. Dan banyak banget mahasiswa yang kebiasaan untuk meletakan Ponsel dan gadget ini sembarangan, bahkan dipinjamkan ke teman-temannya. Ternyata, ada sebuah studi yang mengatakan apabila panas yang dihasilkan dan uap air dari tubuh kita dapat menarik ribuan kuman dan kuman tersebut hinggap di ponsel kita. Ini harus kamu waspadai. Jadi, sebaiknya beri kantung khusus untuk ponsel dan gadget kamu.
Baca Juga:  Kebiasaan yang Merusak Pita Suara

Kesehatan bergantung dari diri kamu sendiri untuk menjaganya, jadi berhati-hatilah!