Hati-Hati, Alat Dapur Ini Jadi Penyebab Terbesar Penyebaran Penyakit

dapur-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Lucy Crosbie

DokterSehat.Com– Mulai sekarang, Anda harus lebih memperhatikan kebersihan di dapur kesayangan Anda agar terhindar dari penyakit. Kebersihan alat masak tentu penting karena setiap hari selalu Anda gunakan untuk memasak makanan.

Photo Credit: Flickr.com/Lucy Crosbie

Nah, untuk membersihkan peralatan dapur maupun tangan Anda, pasti menggunakan kain lap. Alat ini memang sangat membantu para ibu rumah tangga, tapi tahukah Anda, ternyata kain lap ini bisa menjadi sumber penyakit.

Hal ini terbukti secara ilmiah bahwa kain lap Anda adalah penyebab terbesar penyebaran penyakit bawaan makanan.

Sebuah studi di Universitas Negeri Kansas pada 2015, menemukan bahwa orang terlalu sering menyentuh kain lap mereka sebelum mencuci tangan mereka atau setelah mencuci tangan mereka yang tidak bersih, sehingga menyebabkan kontaminasi pasa kain lap.

Jika seseorang mencuci tangan dengan benar dan kembali menggunakan kain lap, namun kondisi kain lap yang masih kotor akan mengkontaminasi tangan mereka lagi.

Periset menemukan bahwa handuk kain bisa cepat terkontaminasi mikroorganisme. Mikroorganisme dan bakteri seperti salmonella bisa tumbuh dengan kecepatan tinggi pada permukaan kain saat dibiarkan semalam, bahkan saat kain itu dicuci. Bayangkan keesoan paginya Anda menggunakan kain itu untuk mengeringkan mangkuk.

kain-lap-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Darcy

Spesialis keamanan makanan negara bagian Kansas Jeannie Sneed mengatakan kepada ScienceDaily bahwa kain lap harus dicuci setelah digunakan. Dia juga mengatakan bahwa menggunakan dan membuang tisu juga dapat mengurangi kemungkinan penyebaran penyakit bawaan makanan melalui saluran pembuangan.

Sneed juga menyarankan untuk menjauhkan ponsel Anda dari makanan. Pikirkan semua tempat lain yang harus Anda jauhkan dari ponsel Anda, yakni dengan kamar mandi yang menjadi area masalah utama. Kuman dari kamar mandi, termasuk virus norovirus dan E. coli, kemudian bisa dibawa ke dapur, hingga ke tangan Anda, lalu masuk ke perutmu yang menyebabkan masalah besar pada sistem pencernaan Anda.

Ada beberapa tips yang harus Anda pertimbangkan jika Anda menggunakan kain lap. Gunakan beberapa lap untuk tugas-tugas tertentu dan jangan mengubahnya. Cadangan satu lap untuk pengeringan, satu lap untuk menyeka. Sneed merekomendasikan untuk mengganti dan mencuci handuk ini setiap hari.

Dengan selalu mencuci kain lap setelah menggunakan, kain itu akan kembali bersih dan bebas dari kuman. Kemudian cuci tangan Anda dengan baik menggunakan sabun untuk melawan bakteri maupun virus.