Hati-Hati! 5 Kebiasaan Kerja di Kantor Ini Berbahaya Bagi Kesehatan

Dokter Sehat – Terbiasa kerja dari pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore di kantor? Sudah terbiasa kerja di kantor minimal 8 jam sehari? Anda harus lebih berhati-hati lagi, ada sejumlah kebiasaan di kantor yang ternyata sangat berbahaya bagi tubuh dan kesehatan Anda. Berikut ini 5 kebiasaan di kantor yang ternyata sangat berbahaya bagi tubuh :



1.Duduk di kursi Anda sepanjang hari
Duduk dalam waktu lama memiliki dampak sangat mengerikan bagi tubuh Anda. Sakit dan nyeri merupakan masalah yang umum, hal itu juga dapat menyebabkan kematian dini. Anda berisiko lebih tinggi mengalami gangguan otot tulang, obesitas, diabetes, kanker, penyakit jantung dan banyak lagi, meski jika Anda berolahraga secara teratur.

2.Kualitas udara yang buruk di ruang kerja
Kondisi ini dikenal juga dengan sebutan Sick Building Syndrome. Udara di dalam gedung bisa 100 kali lebih kotor dari udara luar. Anda bisa terkena berbagai gas dan bahan kimia yang tidak sehat. Ada polutan di AC, partikel beracun, bakteri berbahaya dan lumut yang terbang di sekitar Anda, terutama di gedung-gedung yang tidak diurus dengan baik.

3.Bekerja lebih dari 10 jam per hari
Peneliti Eropa menemukan bahwa orang yang bekerja 10 jam atau lebih setiap hari memiliki risiko 60 persen lebih besar mengalami masalah kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan angina.

4.Mengetik terlalu lama
Apakah pekerjaan Anda selalu berhubungan dengan urusan mengetik di komputer? Anda harus lebih berhati-hati lagi karena terlalu lama atau terlalu banyak mengetik bisa membuat Anda terkena Carpal Tunnel Syndrome (CTS). CTS ini adalah kondisi tangan serta lengan yang semakin menyakitkan karena disebabkan oleh syaraf yang terjepit di pergelangan tangan. Untuk memperkecil risiko terkena CTS, Anda harus selalu menjaga proporsi berat badan Anda, berhenti merokok, dan mengikuti gaya hidup sehat. Atau jika memungkinkan, cobalah untuk menata meja kerja Anda agar lebih ergonomis.

Baca Juga:  Awas, Kebanyakan Selfie Bisa Picu Sakit Jiwa

5.Rasa bosan yang tidak ada habisnya
Anda sering merasa bosan di kantor? Wah, berhati-hatilah! Menurut sebuah penelitian dari University College London, orang-orang yang sering mengeluh bosan memiliki kecenderungan meninggal di usia muda. Bahkan rasa jemu yang sudah memuncak bisa meningkatkan risiko Anda terkena stroke atau sakit jantung. Ladies, jika rasa bosan itu datang, cobalah untuk, misalnya, mengubah kondisi meja atau ruang kerja Anda agar terlihat lebih menyenangkan dan berbeda.