Hati-buat Buat Para Ibu Hamil Yang Ceroboh, Virus Ini Mengintai Anda

DokterSehat.Com – Virus toksoplasma kerap menakutkan para ibu hamil. Bagaimana tidak, bila kena serangan virus ini, janin atau bayi bakal cacat atau yang parah juga janin bisa meninggal alias keguguran kandungan yang terelakkan lagi.

18622214158_4a10c1134c_k

Siapa sangka, munculnya parasit toksoplasma salah satunya disebabkan oleh kebiasaan kurang higienis ibu sendiri. Toksoplasma adalah penyakit akibat infeksi parasit Toxoplasma gondii. Biasanya ditemukan pada beberapa hewan seperti anjing, kucing, dan burung. Cara perpindahan dari hewan ke ibu hamil pun cukup mudah.

Misalnya usai bermain dengan kucing yang membawa virus toksoplasma, lalu makan dan tidak mencuci tangan dengan tepat. Makanan bisa terkontaminasi virus toksoplasma, terang Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Agustin Kusumayati di Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, pada Rabu (1/4/2015).

Perpindahan toksoplasma ini bisa membahayakan keselamatan janin. Ini bisa membuat kali ibu hamil mudah keguguran setiapkali hamil, terang Agustin.

Kalau pun janin tetap hidup hingga lahir, bayi tidak akan sehat sempurna. Bisa mengalami cacat bawaan. Selain itu, toksoplasma juga mengganggu intelegensia pada anak, tambahnya.

Karena itu, Agustin mengingatkan agar para ibu memastikan tangan benar-benar bersih ketika melahap sesuatu baik makan besar maupun sekadar kudapan.

Ibu hamil tetap hati-hati ya agar tidak terkena virus saat hamil, tinggalkan komentar anda di bawah ini!

BACA JUGA : Segelas Jus Tomat Sehari, Bisa Mencegah Kanker Payudara