Senam Kegel – Hasil dan Tips

DokterSehat.Com – Senam kegel adalah gerakan yang ditujukan untuk mengencangkan otot panggul bawah. Ketika Anda pertama kali memulai, mungkin lebih mudah untuk melakukan latihan kegel sambil berbaring, sehingga otot-otot Anda tidak berperang melawan gravitasi. Berbaring juga lebih mudah untuk mengontraksikan otot selama dua atau tiga detik pada awalnya.

doktersehat-senam-kegel

Setelah beberapa minggu, tingkatkan waktu sampai akhirnya Anda mampu melakukannya dalam 10 hitungan, dan melakukan latihan Kegel sambil berdiri. Berdiri akan menempatkan beban lebih berat pada otot, meningkatkan latihan Anda dan meningkatkan kendali Anda.

Ingatlah untuk tidak mengkontraksikan pantat, kaki, atau otot perut Anda saat Anda sedang melakukan latihan Kegel.

Kapan Akan Anda Melihat Hasil dari Latihan Kegel?
Butuh waktu untuk melihat hasil dari Latihan Kegel, jadi bersabarlah. Jika Anda melakukan Kegel tiga kali sehari, Anda akan merasakan kontrol kandung kemih yang lebih baik dalam tiga sampai enam minggu – beberapa orang dapat lebih cepat. Cobalah untuk mencatat kebocoran urin Anda setiap hari untuk membantu Anda melihat perbaikan.

Jika Anda tidak melihat perubahan dalam satu bulan, Anda mungkin tidak melakukan Kegel pada otot-otot yang tepat. Hubungi dokter atau ahli urologi. Mereka dapat menawarkan tips tentang cara untuk menemukan otot yang tepat dan meningkatkan keberhasilan dari Kegel.

3 Tips untuk Membantu Membuat Kebiasaan Latihan Kegel
Latihan yang paling efektif adalah yang Anda lakukan secara teratur. Untuk membantu Anda mendapatkan irama melakukan Kegels, cobalah tips sederhana:

  • Tetap konsisten. Lakukan kegel pada waktu yang sama setiap hari – mungkin hal pertama di pagi hari saat Anda buang air kecil, saat menyikat gigi Anda, dan ketika Anda menonton TV.
  • Ingat manfaatnya. Jika Anda mengikuti latihan kegel, ingat manfaatnya bahwa benar-benar dapat membuat perbedaan pada kondisi inkontinensia urin Anda.
  • Perhatikan kemajuannya. Seiring waktu, Anda akan melihat inkontinensia urin Anda membaik. Mungkin Anda mengalami kebocoran lebih sedikit, atau tidak sama sekali.