Haruskah Selalu Menghitung Kalori

DokterSehat.Com – Bagi sebagian besar orang terutama wanita, kegemukan merupakan sesuatu yang menakutkan. Mereka akan sekuat tenaga mempertahankan tubuh ideal mereka demi terhindar dari kegemukan. Penampilan mereka seakan seperti sebuah cerminan diri mereka yang sebenarnya. Dengan hal tersebut, segala cara termasuk pola makan dengan cara menghitung kalori pun dilakukannya. Namun haruskah selalu menghitung kalori? Ternyata hal tersebut tidaklah selalu benar.



Pada awalnya menghitung jumlah kalori suatu makanan bertujuan agar kadar kalori tidak berlebihan masuk kedalam tubuh Anda. Kalori yang berlebih tersebut bisa menghasilkan sebuah timbunan lemak yang nantinya akan membuat diri Anda semakin gemuk. Kegemukan tersebutlah yang membuat rasa kurang percaya diri. Untuk itulah mereka melakukan hitungan kalori dengan sangat ketat.

Namun jika ditinjau lebih jauh, ternyata hal tersebut justru akan lebih membuat diri Anda menjadi stress. Ketika di suatu waktu Anda diajak untuk pergi ke sebuah restoran, tentu akan merasa tersiksa karena menu di restoran tersebut kebanyakan memiliki kalori yang cukup besar. Ketika di rumah, menu yang tersaji bisa dibilang memiliki kalori yang sepertinya akan mengakibatkan diri Anda menjadi gemuk. Semakin hari semakin pusing Anda dibuatnya. Jadi haruskah selalu menghitung kalori?

Menurut seorang pakar kesehatan disebutkan bahwa setiap wanita haruslah menghilangkan pola penghitungan kalori dalam setiap memakan sebuah menu makanan. Cukup dengan membuat sebuah menu yang seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin dan mineral maka tubuh akan menjadi ideal. Karbohidrat bisa didapat dari nasi atau tepung gandum. Untuk nasi usahakan nasi yang digunakan adalah nasi merah karena mengandung serat yang berguna untuk melancarkan metabolisme tubuh. Untuk protein, Anda bisa mendapatkannya dari tempe dan tahu. Bisa juga dengan penambahan ikan sebagai menu pelengkap. Untuk vitamin dan mineral bisa didapat dari buah pisang dan air putih. Yang terpenting dari seluruh menu tersebut adalah porsinya yang tidak boleh berlebihan dan jaga pola atau waktu makannya sehingga tidak mengakibatkan pola makan yang berlebihan pada satu waktu tertentu.

Baca Juga:  Cara Mudah Menghitung Masa Subur

Jadi haruskah selalu menghitung kalori? Jawabannya adalah tidak harus selalu. Penghitungan kalori hanya berguna saat memakan makan yang banyak mengandung lemak dan zat yang manis. Untuk menu harian cukup dengan menu yang sehat dan pola hidup yang baik, maka Anda dapat memiliki tubuh yang sehat dan langsing.