Haruskah Memakai Kondom Saat Melakukan Oral Seks?

DokterSehat.Com– Cukup banyak pasangan yang melakukan oral seks di sesi foreplay saat berhubungan intim atau ingin melakukan hubungan seks yang kilat yang tidak akan menyebabkan kehamilan. Karena kemampuannya untuk tidak membuat hamil inilah kebanyakan pasangan tidak akan memakai kondom saat melakukan oral seks. Sebenarnya, apakah kita membutuhkan kondom saat melakukan oral seks ini?



Meskipun tidak akan membuat hamil, dalam realitanya oral seks ternyata juga beresiko menularkan berbagai penyakit menular seksual layaknya herpes, sifilis, gonore, dan penyakit lainnya. Layaknya saat melakukan seks vaginal, oral seks juga akan membuat pasangan saling menularkan cairan tubuh seperti air mani, cairan vagina, hingga darah yang bisa jadi memiliki virus dan bakteri penyebab penyakit. Karena alasan inilah oral seks juga bisa menularkan berbagai penyakit tersebut.

Kondom ini bisa dipasang pada penis pria saat melakukan oral seks demi menurunkan resiko penularan infeksi seksual. Sementara itu, kaum hawa juga bisa memakai alat kontrasepsi bernama dam, semacam kotak tipis dengan bahan plastik atau lateks yang bisa menjadi pembatas antara mulut dan vagina. Pastikan juga bahwa pasangan tidak mengalami luka pada mulut, penis, atau vagina yang bisa meningkatkan resiko penularan penyakit, bahkan jika luka ini hanyalah luka sariawan.

Dengan memakai kondom saat melakukan oral seks, maka pasangan pun bisa dengan tenang tidak akan terkena penyakit menular seksual.