Haruskah Kita Makan Andai Tiba-Tiba Lapar di Tengah Malam?

DokterSehat.Com – Kadangkala kita terbangun di malam hari dan merasakan lapar yang tidak tertahankan. Kita pun akan langsung berada dalam dilemma dimana andai kita makan, kita bisa membuat masalah berat badan, namun, andai kita membiarkan rasa lapar ini, tentu kita akan merasa tidak nyaman dan sulit untuk tidur kembali. Sebenarnya, apakah kita harus tetap makan andai kita tiba-tiba lapar di tengah malam?

doktersehat-lapar-tengah-malam

Pakar kesehatan Dana Hunnes, PhD, MPH, RD, dari Ronald Reagan UCLA Medical Center, menyebutkan jika ada baiknya kita tetap makan di tengah malam andai tiba-tiba muncu rasa lapar. Memang, kita pernah mendengar anjuran bahwa kita berhenti makan sebelum tidur agar di saat tidur proses pencernaan tidak bekerja dengan berat. Namun, khusus untuk kasus ini, ada baiknya kita tetap makan karena memang tubuh sudah memberikan sinyal bagi kita untuk mendapatkan makanan. Hal ini tidak akan berpengaruh besar pada berat badan kita sehingga kita tidak perlu takut untuk menyantap makanan.

Hunnes melanjutkan jika kita tidak segera makan karena takut gemuk, bisa jadi kita akan mengalami sakit perut dan susah untuk tidur. Kita pun sangat dianjurkan untuk makan andai lapar sudah mendera, namun, kita juga harus memilih makanan apa yang kita konsumsi, yakni makanan kaya protein yang bebas lemak. Selain itu, ada baiknya kita juga tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan dan segera berhenti andai rasa lapar sudah mereda. Buha-buahan segar atau bahkan jus juga sanagt direkomendasikan karena tidak akan membuat kinerja organ pencernaan tidak terlalu berat. Hanya saja, ingatlah bahwa jus dan buah ini tidak dalam kondisi yang dingin. Adapun beberapa makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi andai kita lapar di tengah malam adalah roti bakar, cracker, sereal, dan juga kacang-kacangan.

Baca Juga:  Gara-Gara Kurang Gizi, Banyak Anak di Indonesia yang Tubuhnya Pendek

Pakar kesehatan Anna Rossinoff, RD menyebutkan jika rasa lapar di tengah malam ini besar kemungkinan disebabkan oleh kita kurang mendapatkan makanan yang cukup di hari sebelumnya, khususnya sarapan pagi yang kurang protein. Dengan adanya fakta ini, ada baiknya kita mencukupi kebutuhan makanan di hari berikutnya agar kita tidak merasakan lapar di malam hari yang tentu akan mengganggu waktu tidur kita.