informasi kesehatan


Hapus Lelah Dengan Cepat

Hapus Lelah Dengan Cepat

            

DokterSehat.com – Bagaimana stamina kita hari ini? Merasa sangat lelah dan malas bekerja? Jika ini yang dirasakan, pekerjaan yang menyenangkan pun bisa terasa sangat membosankan.

Coba ingat apakah jam tidur kita sudah cukup? Atau pola makan kita yang penuh dengan menu junk food? Kita sering kali tidak menyadari kalau rasa jenuh atau lebih sebenarnya berasal dari pilihan gaya hidup yang salah.

Mari kembalikan baterai tubuh agar kita bisa menjalankan kegiatan sepanjang hari. Ini dia cara singkat yang bisa kita aplikasikan mulai besok pagi.

1. Sarapan
Mungkin kita merasa seperti anak-anak jika selalu diingatkan untuk sarapan. Tapi percayalah, sarapan adalah tolak ukur seberapa siap kita menghadapi segala rutinitas.

Terlebih jika kita memilih makanan kaya serat sebagai makanan pembuka hari. Sebab penelitian yang dilakukan Cardiff University mengungkapkan, responden yang sarapan dengan makanan berserat mampu menekan kejenuhan hingga 10 persen. Dan ini membuat mereka terlepas dari rasa depresi sambil bisa terus menunjukkan ide-ide cemerlang.

Yang dilakukan serat sebenarnya sangat sederhana. Serat membantu penyerapan makanan dalam sistem pencernaan kita. Ini membuat gula darah kita tetap stabil sehingga distribusi energi kita pun ikut stabil.

2. Makanlah lebih sering.
Mungkin terdengar tak masuk akal. Namun menerapkan pola makan 3 kali makan utama dan 2 mengemil, akan membuat kita tidak kehabisan energi. Dan pola itu akan membuat kita makan setiap 3 atau 4 jam sekali. “Tapi ingat, makanlah pada porsi yang cukup, tidak berlebihan,” jelas Kathy McManus, RD., direktur dari Departemen of Nutrition di Brigham and Women’s Hospital di Boston, Amerika Serikat.

Pastikan juga, pada menu makanan kita terdapat karbohidrat, protein, lemak tak jenuh. Ini adalah makanan yang tak hanya membuat kita lebih berenergi tapi juga membuat perut tetap rata.

3. Taruh tanaman pada meja kerja.
Warna hijau pada daun dan warna-warna cerah pada bunga yang ada pada tumbuhan akan membuat mata kita tidak tegang. Bahkan sebuah penelitian membuktikan, para pekerja yang menaruh tanaman di sekitar ruang kerjanya, lebih kreatif dibanding yang hanya menumpuk kertas-kertas pada meja kerjanya.

4. Jangan lupa, air putih!
“Sebagian besar orang yang merasa cepat letih mengalami dehidrasi,” ucap Woodson Merrell, MD., direktur eksekutif dari Continuum Center for Health and Healing di Beth Israel Medical Center, New York City. Jadi membuat tubuh tetap terhidrasi adalah cara yang paling mudah dan murah untuk membebaskan diri dari rasa letih.

Ini juga dibuktikan pada penelitian yang dilakukan pada para atlet. Atlet yang tidak diberi minum selama 15 jam, sebanyak 92 persen dari mereka merasa kelelahan dan mudah marah. Tak hanya itu, para atlet pun mengalami kesulitan konsentrasi ketika berlatih. Jadi jangan lupa untuk minum air putih, terlebih setiap satu atau dua jam sekali agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

5. Jalan 10 menit, mensuplai energi sepanjang hari.
American Heart Association mengungkapkan, jalan cepat selama 70 menit dalam seminggu atau 10 menit setiap hari, akan memompa energi kita 18 persen lebih banyak dibanding yang tidak berjalan kaki.

Dan tahu apa saja yang bisa kita nikmati dari jalan cepat selama 10 menit itu? Kita bisa merasa lebih percaya diri, memiliki postur tubuh yang lebih baik, menjadi lebih fokus, serta bisa bebas dari sakit kepala atau migrain. Selamat tinggal lelah…

 

 

Sumber : kampungtki.com

pf button both Hapus Lelah Dengan Cepat


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

One Response to “Hapus Lelah Dengan Cepat”

  1. evan says:

    bagus

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0