Hanya Karena Makan Pedas Kok Sampai Berkeringat?

DokterSehat.Com– Biasanya kita akan berkeringat saat melakukan olahraga atau cuaca sedang panas. Namun, jika kita cermati, kita juga akan berkeringat saat mengkonsumsi makanan pedas seperti sambal. Sebenarnya, apa penyebab munculnya keringat saat makan pedas ini?



Pakar kesehatan menyebutkan bahwa reaksi lidah kita pada rasa pedas ternyata sangat berbeda dibandingkan dengan saat merasakan asam, pahit, atau manis. Lidah bisa merasakan sensasi pedas ini karena dihasilkan oleh neuron sensorik yang akan memicu reaksi pada nosiseptor polymodal. Reaksi ini ternyata juga akan dirasakan pada seluruh tubuh, termasuk mulut dan hidung. Adanya reaksi inilah yang membuat kita bisa merasakan perbedaan sensasi saat mengkonsumsi cabai dan permen mint. Meskipun sama-sama pedas, cabai akan memberikan sensasi panas namun permen mint akan memberikan sensasi dingin.

Saat makanan pedas ini masuk ke dalam mulut, sensor ini akan aktif dan membuat otak menyangkanya sebagai adanya sensasi panas pada tubuh. Otak pun segera memerintahkan produksi keringat demi mendinginkan suhu tubuh. Karena alasan inilah kita akan cenderung banyak memproduksi keringat saat makan pedas.

Tak hanya membuat kita memproduksi banyak keringat, makan pedas disebut-sebut bisa membantu meningkatkan metabolisme dan proses pembakaran kalori menjadi lebih baik. Selain itu, kandungan vitamin C dalam cabai juga sangat baik bagi kesehatan tubuh, khususnya dalam memperkuat sistem kekebalan.

Jika anda mengalami kepedasan karena rasa sambal yang terlalu pedas, ada baiknya tidak mengkonsumsi air putih, apalagi air dingin, karena tidak akan efektif untuk mengatasi kepedasan tersebut. Konsumsilah susu hangat yang memiliki kandungan protein yang mampu menghilangkan capsaicin pada reseptor lidah sehingga rasa pedas pun bisa dihilangkan dengan lebih cepat.