Hanya Dengan Selfie, Kini Kita Bisa Mendeteksi Penyakit Kanker

DokterSehat.Com– Swafoto atau yang kerap kita sebut sebagai selfie kini telah menjadi hal yang wajar dilakukan oleh banyak orang. Dengan melakukannya, maka kita bisa mengabadikan momen-momen tertentu. Sayangnya, selfie kerap kali mendapatkan konotasi negatif karena dianggap sebagai tempat bagi banyak orang menunjukkan sifat pamernya dan bisa berbahaya karena telah menyebabkan banyak kasus kecelakaan.

doktersehat-selfie-elbow-gaming-thumb-narsis

Begitu populernya selfie membuat banyak orang yang terinspirasi untuk membuat penemuan yang berdasarkan atas aktifitas tersebut. Sebagai contoh, belakangan ini para peneliti berhasil menemukan aplikasi yang bisa membantu kita mendeteksi penyakit kanker hanya dengan melakukan foto selfie dengan ponsel pintar kita. Seperti apa aplikasi tersebut?

Aplikasi yang disebut sebagai BiliScreen ini dikembangkan oleh para peneliti yang berasal dari Washington University yang ada di Amerika Serikat. Dengan menggunakan kamera ponsel pintar, aplikasi ini akan bisa mempelajari kadar bilirubin yang ada pada sklera atau bagian putih mata kita. Sebagai informasi, salah satu dari gejala kanker pankreas dan berbagai penyakit lainnya adalah menumpuknya kadar bilirubin pada darah yang sayangnya tidak mudah untuk dideteksi dengan mata telanjang.

Setelah melakukan selfie, aplikasi ini akan segera mengisolasi bagian putih pada mata dan langsung melakukan kalkulasi pada sklera berdasarkan panjang gelombang cahaya yang diserap oleh bagian putih mata tersebut. Hal ini ternyata bisa menghitung seberapa banyak kadar bilirubin pada tubuh dan mendeteksi apakah kita terkena masalah kanker pankreas atau penyakit kuning lainnya sejak dini.

Dengan melakukan selfie, kita pun bisa melakukan deteksi dini yang akan membuat kita lebih efektif menyembuhkan penyakit yang diderita sekaligus meningkatkan harapan hidup.