Hanya 59 Persen Masyarakat Perancis yang Percaya Akan Manfaat Vaksin

DokterSehat.Com – Vaksin adalah salah satu cara terbaik bagi manusia untuk mencegah terkena berbagai macam penyakit. Kita bisa memberikan vaksin semenjak usia kanak-kanak untuk mendapatken perlindungan menyeluruh di masa depan. Namun, kadangkala jika kita melakukan perjalanan ke tempat tertentu, kita juga bisa mendapatkan vaksin penyakit yang mungkin saja muncul pada tempat yang kita tuju. Tahukah anda dibalik kepercayaan masyarakat dunia pada vaksin untuk mencegah berbagai penyakit, masyarakat Perancis yang termasuk Negara maju justru tidak begitu mempercayainya. Tercatat, jumlah orang yang tidak mempercayai vaksin bahkan mencapai 41 persen dari populasi Negara mode tersebut.

doktersehat-vaksin-ulang

Sebuah penelitian dilakukan pada hampir 66 ribu partisipan yang berasal dari 67 negara di seluruh dunia. Hasilnya adalah, sebagian besar masyarakat di dunia mempercayai manfaat dari menggunakan vaksin untuk mencegah berbagai masalah penyakit. Sayangnya, penelitian yang dilakukan oleh Heidi Larson yang berasal dari Vaccine Confidence Project dari London School of Hygiene and Tropical Medicine menyebutkan jika hanya 59 persen masyarakat Perancis yang mempercayai keamanan dari vaksin. Sisanya, banyak warga Negara tersebut yang meyakini ada efek samping dari vaksin yang membuat mereka ragu untuk menggunakannya.

Yang menarik adalah, berkebalikan dengan yang terjadi di Perancis, penelitian yang dirilis di dalam jurnal E Bio Medic ini menunjukkan fakta dimana masyarakat di Asia Selatan adalah masyarakat yang paling mempercayaan keamanan sekaligus manfaat dari vaksin.

Vaksin sendiri sudah menolong jutaan masyarakat secara global karena mampu mencegah berbagai penyakit di berbagai benua, baik itu Afrika, Amerika, Asia, hingga Eropa. Sebagai contoh, salah satu vaksin yang paling berhasil dalam sejarah adalah vaksin pencegah penyakit polio. Hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi skala yang digunakan oleh pakar kesehatan untuk terus mengkampanyekan pentingnya vaksin bagi pencegah masalah kesehatan di seluruh dunia.