Handphone Yang Merusak Tulang Belakang

DokterSehat.Com – Hasil penelitian baru yang dipublikasikan, womenshealthmag, telepon genggam dapat membuat tulang belakang Anda harus menahan beban seberat 30 kilogram (Kg).

20123302351_0aa03c92d7_k

Pada penelitian ini, para peneliti menemukan bahwa sebagian besar orang rata-rata menghabiskan waktu antara 2-4 jam setiap harinya untuk menggunakan telepon genggam.

Dan posisi menunduk yang Anda lakukan saat bermain telepon ini dapat mengganggu bentuk tulang leher dan punggung Anda.

Tahukah Anda bahwa berat rata-rata kepala orang dewasa adalah sekitar 5-6 kg?

Jadi saat Anda berdiri tegak dengan postur tubuh sempurna, maka tulang punggung atau tulang belakang Anda pun hanya perlu menahan beban seberat 5-6 kg tersebut.

Akan tetapi, pada penelitian ini para peneliti menemukan bahwa saat seseorang menundukkan kepalanya, maka hal ini pun menyebabkan beban tambahan pada tulang belakang orang tersebut.

Menunduk dengan sudut 15 derajat saja sudah menambahkan beban hingga 13.5 kg.

Sedangkan menunduk dengan sudut 30 derajat dapat menambahkan beban hingga 20 kg.

Menunduk dengan sudut 45 derajat dapat menambahkan beban tulang belakang hingga 24.5 kg dan menunduk dengan sudut 60 derajat dapat menambahkan beban tulang belakang hingga 30 kg.

Tambahan beban ini tidak hanya dapat menyebabkan nyeri di daerah leher, tetapi juga dapat meningkatkan tekanan pada otot, tendon, dan jaringan ikat di daerah sekitar leher dan punggung seseorang.

Untuk mencegah terjadinya nyeri dan kekakuan otot leher, pastikan Anda menggunakan telepon genggam Anda dengan postur tubuh yang tepat, yaitu telinga terletak sejajar dengan bahu dan bahu berada dalam keadaan tegak.

Hal ini berarti Anda harus meletakkan telepon genggam Anda tepat di depan wajah Anda.