Hand Foot and Mouth Disease (HFMD)/ Flu Singapura Pada Anak

DokterSehat.Com – Bagi orang tua, sangatlah sedih melihat buah hati sakit dan tidak dapat bermain secara aktif seperti biasanya. Dibandingkan dengan orang dewasa, anak-anak memang lebih rentan terhadap penyakit infeksi. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh anak belum berkembang sempurna.  Salah satu penyakit infeksi yang belum terlalu dikenal orang tua namun sering terjadi adalah Hand Foot and Mouth Disease (HFMD).

doktersehat-kutil-bibir

Hand Foot and Mouth Disease (HFMD) atau yang lebih populer sebagai Flu Singapura merupakan suatu jenis penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus Coxsackie atau Enterovirus. HFMD ditandai dengan munculnya gelembung-gelembung berisi air di beberapa bagian tubuh. Bedanya dengan cacar, gelembung-gelembung ini muncul di lokasi yang spesifik, misalnya bibir dan mulut, telapak tangan, dan telapak kaki. Gelembung ini juga dapat muncul di bokong dan area genital. Penyakit ini seringkali menyerang anak-anak dan mudah ditularkan melalui udara. Gejala yang timbul antara lain sebagai berikut:

  • Nyeri di daerah mulut dan tenggorokan, terutama dirasakan saat makan dan menelan
  • Lemah
  • Muntah, namun hal ini tidak selalu terjadi
  • Muncul bercak-bercak merah yang berubah menjadi gelembung-gelembung kecil berisi air di sekitar bibir, telapak tangan, telapak kaki, bokong, dan alat genital
  • Munculnya bercak-bercak di dalam mulut, lidah, dan langit-langit mulut
  • Demam hingga 38-39oC yang berlangsung selama 24-48 jam

Pada keadaan yang jarang dan berat, virus dapat menyebabkan gangguan pada saraf sehingga menyebabkan kejang, gangguan kesadaran, dan gangguan gerak.

Pemeriksaan laboratorium sederhana tidak dapat memberikan hasil yang spesifik untuk menegakkan diagnosis HMFD. Isolasi virus atau pemeriksaan serologi dapat menentukan jenis virus penyebab HMFD, namun seringkali hal ini tidak dibutuhkan apabila gejala dan hasil pemeriksaan fisik sudah cukup mengarah pada diagnosis HMFD.

Baca Juga:  Pola Makan Sehat Saat Puasa

Hingga saat ini belum terdapat obat antivirus spesifik untuk HMFD. Seperti penyakit infeksi virus pada umumnya, HMFD pun dapat sembuh dengan sendirinya (self-limiting disease). Obat-obatan yang diberikan pada pasien dengan HMFD umunya adalah pengobatan suportif untuk mengurangi gejala yang dirasakan pasien dan meningkatkan daya tahan tubuh pasien. Yang dapat Anda lakukan bila buah hati tercinta menderita HMFD adalah sebagai berikut:

  • Berikan air dalam jumlah cukup untuk mencegah dehidrasi, bisa melalui minuman, makan makanan berkuah, dan buah-buahan yang mengandung banyak air
  • Kurangi makanan yang pedas dan asam karena dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut
  • Turunkan panas dengan memberikan obat antipiretik sesuai dosis yang dibutuhkan
  • Bila diperlukan dapat diberikan obat kumur untuk menjaga kebersihan mulut sehingga tidak terjadi infeksi sekunder
  • Jauhkan anak dari anggota keluarga lain yang mungkin rentan terhadap penyakit infeksi, misalnya bayi dan orang lanjut usia

Nah, sekarang Anda dapat mengenali saat buah hati terserand HMFD, tidak perlu khawatir, segera berikan pertolongan pertama dan berobat ke dokter.