Cara Mudah Hamil Pasca Menggunakan KB

hamil-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Program Keluarga Berencana (KB) sangat membantu bagi pasangan suami istri yang ingin menunda kehamilan pasca menikah. Sebab, banyak pasangan suami istri yang ingin menunda mempunyai keturunan dengan alasan pekerjaan atau perekonomian yang belum stabil.

Dalam penerapan KB, umumnya akan menggunakan alat kontrasepsi berupa kondom, pil KB, suntik KB, IUD, dan masih banyak lainnya. Alat tersebut dipercaya sangat ampuh untuk mencegah kehamilan. Akan tetapi, banyak pula yang beranggapan bahwa setelah menggunakan alat kontrasepsi atau pasca KB, bisa menyulitkan kehamilan di kemudian hari.

Namun, anggapan tersebut disangkal oleh sebuah studi yang dilakukan di Politeknik Kesehatan Majapahit mengatakan bahwa seorang wanita bisa hamil dalam waktu 5 bulan setelah menghentikan KB. Selain itu, ada beberapa metode yang bisa dilakukan agar bisa cepat hamil setelah menghentikan KB. Berikut diantaranya:

1. Hindari Stres

Seperti yang Anda tahu bahwa stres sangat berpengaruh penting bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, ketika Anda mengalami stres, apalagi secara berlebihan, maka kesehatan Anda akan memburuk dan kemungkinan besar penyakit menyerang tubuh Anda. Selain itu, stres juga merupakan salah satu penghambat kehamilan. Sebab, ketika stres akan memicu hipotalamus untuk menghasilkan hormon kortisol. Hal ini akan akan menurunkan kinerja sistem reproduksi. Dengan demikian Anda akan mengalami kesulitan untuk hamil. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda segera mengatasi rasa stres tersebut dengan cara pergi liburan ke tempat wisata.

2. Mengonsumsi Vitamin E

Tubuh membutuhkan asupan vitamin, apalagi ketika sedang ingin hamil setelah menghentikan KB. Alat kontrasepsi bekerja dengan cara menghambat produksi hormon estrogen pada wanita. Akibatnya, proses pematangan sel telur terhenti. Oleh karenanya, untuk mengembalikan kesuburan, Anda bisa mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin E. Sebab, bisa mengembalikan kesuburan, vitamin E juga bisa menguatkan dinding rahim.

3. Perbanyak Konsumsi Buah-Buahan

Buah-buahan kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan nutrisi dan vitamin yang ada di dalam buah-buahan memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Apalagi bagi Anda yang ingin cepat hamil setelah menghentikan KB. Sebab, buah-buahan juga bisa menyuburkan rahim sehingga akan mempercepat proses kehamilan.