Hamil Pun Harus Membersihkan Karang Gigi

DokterSehat.Com – Ahli jaringan gusi dan tulang penyangga gigi menyarankan perempuan hamil segera membersihkan karang gigi, dan memeriksakan gusinya ke dokter.

9674299540_f1a4484b88_b

47 persen perempuan hamil rentan kena masalah gusi, karena berhubungan dengan hormonal. Oleh karena itu, perempuan hamil wajib ke dokter untuk bersihkan karang gigi dan gusinya, langkah ini merupakan cara agar calon ibu terhindar dari risiko infeksi mulut, dan mencegah anak lahir prematur.

Ginekolog dari Rumah Sakit Mitra Kelapa Gading dr Boy Abidin mengatakan, mulut yang sehat membantu wanita hamil mengunyah makanan dengan baik. Sehingga makanan bergizi itu dapat terserap dengan baik oleh janin.

Kalau malas melakukan itu, kecukupan nutrisi pada janin tidak terpenuhi secara optimal yang berdampak kelahiran bayi prematur dengan berat badan lahir rendah, kata dr Boy dalam diskusi Pentingnya Kesehatan Gigi dan Gusi pada Ibu Hamil di Jakarta, Kamis (4/9/2015).

Boy melanjutkan, dari sebuah studi ditemukan wanita dengan kondisi gigi dan mulut yang sehat mampu menurunkan risiko preeklamsia (tekanan darah tinggi selama hamil) atau keracunan kehamilan sebesar 5 hingga 8 persen. Selain itu, membersihkan karang gigi dapat mengurangi bayi lahir prematur sebesar 50 persen.