Hamil Lagi, Kate Middleton Terkena Morning Sickness yang Parah

DokterSehat.Com– Sebagian besar ibu hamil akan mengalami masalah kesehatan di fase-fase awal kehamilan yang disebut sebagai morning sickness. Masalah kesehatan ini ditandai dengan gejala seperti mual-mual, muntah, atau penurunan nafsu makan. Hal yang sama juga dialami oleh The Duchess of Cambridge Kerajaan Inggris, Kate Middleton, yang sedang hamil anak yang ketiga.

kate-middleton-hamil-anak-ketiga

Photo Credit: Instagram/ kensingtonroyal

Yang menjadi masalah adalah, morning sickness yang dialami oleh Middleton ternyata sangat parah dan disebut sebagai hiperemesis gravidarum. Kondisi ini hanya dialami oleh 1 dari 100 ibu hamil di seluruh dunia. Karena kondisi ini, Kate bisa mengalami gejala morning sickness hingga 50 kali dalam sehari hingga sampai-sampai harus dirawat oleh dokter dan tidak bisa mengikuti berbagai kegiatan penting. Yang menjadi masalah adalah, kondisi ini bisa bertahan hingga beberapa bulan usia kehamilan.

The Duke and Duchess of Cambridge are very pleased to announce that The Duchess of Cambridge is expecting their third child. ?PA

A post shared by Kensington Palace (@kensingtonroyal) on

Pakar kesehatan menduga bahwa kondisi hiperemesis gravidarum seperti yang dialami Kate ini dipengaruhi oleh perubahan hormon kehamilan yang sangat drastis. Mereka yang terkena kondisi ini akan mengalami gejala seperti terus-menerus muntah, dehidrasi, tubuh yang terasa lelah, pusing, hingga berat badan yang menurun drastis. Bahkan, secara mental penderita masalah kesehatan ini bisa merasa ketakutan, frustrasi, dan kesepian.

Untuk mengatasi masalah hiperemesis gravidarum ini, ibu hamil sebaiknya memperbanyak asupan air putih dan menghindari makanan yang bisa memicu rasa mual. Selain itu, ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat dan rendah lemak layaknya kentang, nasi, dan pasta. Konsumsi minuman yang terbuat dari bahan jahe juga bisa membantu menurunkan gejalanya.

Baca Juga:  Ini Alasan Mengapa Hamil Terlalu Muda Berbahaya Bagi Kesehatan

Demi menjaga kesehatan janin di dalam kandungan, ada baiknya ibu hamil yang mengalami masalah keseahtan ini selalu rutin berkonsultasi pada dokter.