informasi kesehatan


Hamil di Luar Kandungan Bisa Berujung Kematian

Hamil di Luar Kandungan Bisa Berujung Kematian

DokterSehat.com – Kehamilan yang terjadi di luar kandungan dalam istilah medis disebut kehamilan ektopik. Kondisi ini terjadi bila telur yang dibuahi melekat dan tumbuh di luar endometrium kavum uteri atau rahim. Kehamilan ini harus segera dihentikan agar tidak membahayakan nyawa sang ibu.

Kehamilan ektopik berbeda dengan kehamilan ekstra uterin. Kehamilan ekstra uterin terjadi di luar kavum uteri, tetapi masih di dalam rahim. Meski demikian, kehamilan ekstra uterin juga dikatakan bersifat ektopik.

Jika melihat lokasinya, sekitar 95-98 persen kehamilan ektopik berada di tuba. Sisanya terjadi di rahim, ovarium (indung telur), rongga perut primer dan sekunder, serta kehamilan kombinasi. Disebut kehamilan kombinasi kala kehamilan ektopik dan intra uterin terjadi secara bersamaan.

Kehamilan ektopik terutama terjadi akibat adanya gangguan transportasi sel telur yang telah dibuahi dari saluran tuba (tuba falopi) ke rongga rahim, selain juga adanya kelainan ovum yang dibuahi.

Kehamilan ektopik terjadi pada 1 dari 50 kehamilan dan merupakan salah satu penyebab terbesar kematian ibu pada triwulan pertama kehamilan. Minimnya deteksi dini dan pengobatan setelah diketahui adanya kehamilan ektopik menjadi penyumbang besarnya angka kematian ibu.

Karena itu, bila seorang ibu mengalami kehamilan ektopik, harus cepat diakhiri mengingat besarnya risiko yang harus ditanggung. Bila telur tetap tumbuh dan besar di saluran tuba, suatu saat tuba akan pecah dan bisa menyebabkan perdarahan hebat, dan berujung pada kematian.

Mirip hamil normal
Ada sejumlah faktor yang dapat menyebabkan kehamilan ektopik, meskipun kehamilan ini bisa saja dialami wanita tanpa faktor risiko. Faktor tersebut di antaranya adalah gangguan transportasi hasil konsepsi, kelainan hormonal, dan penyebab yang masih diperdebatkan.

Gangguan transportasi hasil konsepsi bisa karena radang panggul, penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim, penyempitan lumen tuba akibat tumor, tindakan operasi pada tuba pasca bedah mikro, serta kejadian abortus maupun keguguran.

Kelainan hormon bisa muncul akibat induksi ovulasi, in vitro fertilisasi, masa subur yang telat, dan transportasi ovum. Sementara untuk penyebab yang masih diperdebatkan adalah endometriosis, cacat bawaan, kelainan kromosom, kualitas sperma yang tidak prima.

Gejala kehamilan ektopik yang belum terganggu bisa seperti kehamilan nomial, yaitu terlambat haid, mual, morning sickness, dan lainnya. Bila dilakukan pemeriksaan fisik akan didapati rahim yang rnernbesar dan tumor di perut. Juga muncul trias klasik, yakni tidak dapat haid, perdarahan per vaginam, dan nyeri perut.

Sementara pada kehamilan ektopik yang terganggu, gejala yang muncul bisa sama seperti kehamilan ektopik yang belum terganggu, tetapi disertai gejala akut pada perut akibat pecahnya kehamilan ektopik. Dan biasanya muncul gangguan hemodinamik berupa hipovolemik atau berkurangnya volume dalam peredaran darah akibat terjadinya perdarahan.

Sebaiknya dikeluarkan

Jika diketahui terjadi kehamilan ektopik, meski belum pecah (kehamilan ektopik belum terganggu), disarankan untuk dikeluarkan. Tidak ada gunanya janin tumbuh di tempat yang salah.

Janin tidak bakal bisa berkembang hingga usia sembilan bulan. Dalam usia beberapa minggu saja, tempat “bersarangnya” bisa pecah. Dan bila ini terjadi, bisa timbul perdarahan hebat di dalam perut. Kondisi ini tentu akan sangat membahayakan nyawa si ibu.

Umumnya penanganan kehamilan ektopik dilakukan dengan laparatomi (operasi). Pada kasus-kasus tertentu bisa menggunakan obatobatan methotrexate.

Mengingat risiko fatal yang bisa ditanggung ibu, jangan remehkan gejala pada wanita usia subur dengan keluhan terlambat haid (hasil tes urin positif), perdarahan melalui vagina, dan nyeri di daerah perut. Segera periksakan diri ke dokter kandungan.

Dr. Hendriks Sirait (Dokter Umum lulusan FK Universitas Trisakti, Praktik di Bekasi)

pf button both Hamil di Luar Kandungan Bisa Berujung Kematian
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

29 Responses to “Hamil di Luar Kandungan Bisa Berujung Kematian”

  1. junie says:

    Dok, yg mana lebih baik menurut dokter, apakah penggunaan farmitrexate atau operasi? apa betul obat tersebut biasa digunakan untuk kemo kanker dan bagaimana efeknya dgn obat ini jika digunakan.

    Mohon sarannya, dikarenakan saat ini kakak sy mengalami kehamilan di luar kandungan usia 6 minggu.

    Terima Kasih.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 4 Thumb down 2

  2. prabu says:

    dok saya mo tanya apakah mungkin bisa terulang KET 2 bln post KET ?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 1 Thumb down 0

  3. toyyoba says:

    ok

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. anik says:

    Dok mau tanya,
    saya bulan agustus haid tgl 16 – 21 agustus 2010, september tgl 27-29, oktober 23-25,nov 19-21, kemudian tgl 30 nov saya jatuh dan flak dari tgl 1-9 desember, tetapi sampai tgl 30 desember 2010 saya belum haid dan saya tes negatif, kira kira ada masalah ngak ya dgn kandungan saya biasanya saya rutin 28 hari
    terima kasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. dr. Ronald Iskandar says:

    @anik – kemungkinan masih ada pengaruh dari jatuh tersebut, coba ditunggu beberapa minggu ke depan, jika belum mendapatkan bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan terdekat..thx..

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. Cynthia says:

    Dokter…saya sudah dua kali mengalami hamil di luar kandungan….kanan dan kiri….apakah ada kemungkinan utk saya utk bisa hamil lagi???terima kasih

    Komentar Yang Sangat Menarik! Thumb up 4 Thumb down 4

    • dr. Vanny Bernadus says:

      @cynthia, kemungkinan hamil masih Ada, namun perlu pemeriksaan ANC yg teratur. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Namun perlu dipastikan juga kondisi tuba Fallopi apakah kondisinya masih baik? Sebaiknya konsultasikan kembali dengan dokter kandungan anda. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  7. Risma says:

    Dok apakah ibu saya yang pernah keguguran dan operasi diluar kandungan masih bisa hamil lagi? Makasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 2 Thumb down 0

  8. Anonymous says:

    Dok saya jg baru2 ini operasi krn hmil di luar kandungan..
    Bs ngga hamil lg..?
    Seandainya saya pengen hamil lg, sebaik’y perlu di tunda brapa lama stlh post op..?
    Ditunggu ya dok jwbn’y..
    Trm ksh

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 1 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Salam Sejahtera,
      Kemungkinan hamil masih Ada, namun perlu dipastikan juga kondisi tuba yg satunya apakah masih baik. Untuk hamil lagi Aman Saja, karena luka pada dinding perut tidak Akan berpengaruh pada kehamilan Dan proses kelahiran. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  9. jefri says:

    apakh ada kemungkinan ibu dan anak yng hamil diluar kandungan bisa selamat.?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Kehamilan luar kandungan tidak dapat dipertahankan karena membahayakan Bagi ibu. Dan tubu pun Akan pecah seiring dengan janin yg membesar. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  10. jefri says:

    istri saya hamil diluar kandungan dan dia tidak mau gugurkn kndungannya,..
    apakah istri n anak saya bisa selamat.?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 1 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Kehamilan ketoprak bila dipertahankan Akan berbahaya Bagi ibu. Bagi janin, tentu tidak dapat diselamatkan karena lokasinya pun tidak mendukung perkembangan janin. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  11. sunarti says:

    tanggal 24 april 2012 aku cesar krn hamil diluar kandungan. Desember akhir 20012 sampai sekarang (sudah 2 minggu) ini saya merasakan nyeri dan sakit sekali pada perut kanan saya, tempat dimana saluran tube saya pecah. keluhan yang saya rasakan ini apakah hal biasa dialami oleh orang yang cesar atau memang ada kelainan?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      @sunarti, kemungkinan luka bekas operasi ya yg menimbulkan nyeri. Namun sebaiknya eriksakan kembali ke okter kandungan anda, trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  12. leni denyra says:

    Dokter saya mu tanya,,,harus seperti apa kah perawatan’y paska oprasi hamil di luar kandungan,,,dan gmn cara’y agar cepat hamil kembali,,,apa masih ada harapan agar hamil kembali,,,????trimakasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Apakah kondisi tubanya untuk atau Sudah pecah? Perawatan post operasi terutama dalam Hal perawatan luka agar tidak infeksi Dan cepat kering. Kurangi aktivitas Yg berlebihan Dan berat.
      Harapan untuk Hamil Ada bila salah satu atau keduanya tuba masih Utuh/tidak pecah/tidak DIbuang saat operasi dilakukan. Sebaiknya konsultasikan Hal Ini dengan dokter Yg menangani anda. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  13. cucu says:

    dok ,, kk saya sekarang sedang hamil di luar kandungan kata nya umur kandungn nya 2blan ,,, trus minggu mau di oprasi apakah akan timbul gejala yang sama apabila kk saya hamil lagi dok ,,,trims

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Kemungkinannya tetap Ada.namun anda tidak perlu merasa terlalu khawatir. Deteksi Yg dini Dan penanganan Yg tepat Dan cepat memberikan hasil Yg Lebih baik. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  14. Nunung says:

    dok..1 thn lalu sy menjalani operasi ket krn trjadi pendarahan, pacsa operasi ket dan menurut hasil hsg ada sumbatan di sel telur sy yg 1 y lagi.. apa sy msh bisa untuk hamil lg, lalu pengobatan apa yg tepat untuk sumbatan/perlengketan di sel telur sy.. sy ingin skali hamil kmbali dgn sehat.. mohon info y dok trm ksh

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Untuk Hal Ini, sebaiknya anda konsultasikan dengan dokte rkwndungan Yg menangani anda, mengenai sumbatannya seperti apa Dan terapinya. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  15. annonim says:

    Dok,,6 hari lalu saya habis operasi KET krn hamil diluar kandungan,,tp knp skrg ada byk darah ya keluar sprti menstruasi,,apa itu berbahaya atau tidak ya dok,,tolong sgr direspon ya dok, terimakasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Itu adalah darah nifas, lakukan kontrol sesuai anjuran dokter anda. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  16. izza says:

    Dok, 1 hari yg lalu sy operasi hamil di luar kandungan. Saluran nya dipotong. Kalau saluran yg satu masih baik tentu nya sy masih bisa hamil lagi kan dok? Tp bagaimana mencegah supaya tidak terulang kembali.anak saya yang pertama berumur 1 tahun. Setelah operasi tersebut berapa lama lg saya bisa merencanakan kehamilan? Mohon penjelasan nya dok. Terima kasih. .

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Bisa hamil asalkan tuba yg lainnya dalam keadaan baik. Resiko terjadinya KET berulang ada, dan anda bisa hamil lagi 3 bulan kemudian. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0