Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Wajah Berjerawat

DokterSehat.Com – Kamu sedang berjerawat? Sebaiknya kamu tahu cara penanganan yang tepat, karena kalau kita melakukan hal hal yang seharusnya tidak boleh dilakukan pada jerawat, maka bukannya jerawat jadi hilang, yang ada justru jerawat menjadi semakin banyak dan tambah parah.



Berikut adalah hal yang tidak boleh dilakukan pada wajah berjerawat :

  • Menggunakan handuk
    Ketika sehabis mandi ataupun setelah mencuci muka, hindari penggunaan handuk ketika kita mengeringkan wajah yang ada jerawatnya. Gesekan antara handuk dengan kulit jerawat akan membuat kulit terluka, apalagi disaat jerawat mulai matang dan akan pecah. Sebaiknya gunakan tisu sebagai alternatif sebab ini lebih baik daripada menggunakan handuk.
  • Memecahkan jerawat
    Ini sama sekali merupakan perlakuan yang kurang bijak. Kebiasaan memecahkan jerawat dengan memencet benjolan tersebut adalah tindakan yang buruk. Pasalnya hal ini akan mengakibatkan kerusakan pada kulit wajah, bisa jadi pada akhirnya nanti akan berbekas.
  • Menggunakan scrub kasar
    Hindari juga penggunaan scrub yang bertekstur kasar pada wajah berjerawat. Gesekan antara scrub kasar dengan kulit dapat menyebabkan rusaknya lapisan kulit luar. Hal ini juga nantinya bisa meninggalkan bekas luka dan noda di wajah kita.
  • Menempel dengan rambut
    Kandungan minyak pada rambut kurang baik untuk kulit berjerawat kita. Oleh karena itu jangan biarkan rambut menempel apalagi yang rambutnya memiliki minyak berlebih. Jadi usahakan untuk menjauhkannya.
  • Menyentuh jerawat
    Munculnya tonjolan kecil ini memang bikin gemes. Tak jarang jari tangan kita “gatal” untuk memegangnya. Namun, disarankan untuk tidak menyentuh jerawat yang ada di muka kita. Kotoran maupun bakteri yang terdapat di tangan hanya akan menambah banyaknya jerawat yang ada.