Hal yang Sering Membuat Wanita Hamil Merasa Tidak Nyaman

DokterSehat.Com – Saat tahu hamil, Anda pasti bahagia. Namun Anda juga harus siap menerima konsekuensi dari kehamilan tersebut. Meski selama 9 bulan akan banyak hal menyenangkan terjadi, ada hal-hal yang tidak nyaman harus dilalui.

7

Apa sajakah ketujuh hal tersebut? Simak uraiannya di sini :

  1. Kentut yang tidak bisa dikontrol
    Secara umum setiap wanita hamil akan sering kentut, penyebabnya adalah karena adanya perubahan hormon yang memperlambat saluran pencernaan. Wanita hamil akan kesulitan untuk mengontrol pengeluaran gas (kentut) karena kontrol terhadap otot-otot tubuh tidak sama seperti ketika belum hamil.
  1. Inkontinensia
    Ketika janin dalam rahim semakin berkembang dan uterus membesar, maka janin akan berada di atas kandung kemih. Akibatnya ibu hamil akan sering merasa ingin buang air kecil. Belum lagi ketika batuk, bersin, atau tertawa yang bisa membuat ibu hamil secara tidak sadar mengeluarkan urin meskipun hanya beberapa tetes saja.
  1. Tumbuhnya rambut diarea wajah
    Selama kehamilan, hormon sangat mempengaruhi tumbuhnya rambut di area-area yang tak diinginkan, seperti di wajah, payudara, dan perut. Sebagian besar ahli bedah plastik dan spesialis dermatologi biasanya bisa membantu menghilangkan rambut ini ketika sang ibu sudah melahirkan bayinya.
  1. Bau tidak sedap
    Sejumlah wanita hamil memiliki bau yang kuat selama kehamilannya. Bau tak sedap bisa muncul karena makanan yang dikonsumsi seperti makanan laut dan daging unggas. Terkadang bau ini juga berasal dari Miss V, apalagi ketika sudah mendekati akhir kehamilan. Jika Anda mengalami hal ini, segeralah hubungi dokter karena siapa tahu ini disebabkan oleh keputihan yang butuh penanganan khusus.
  1. Hemoroid atau wasir
    Banyak ibu hamil yang mengalami wasir karena memiliki masalah dengan pencernaan. Untuk mencegah agar tak terkena wasir, usahakan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan serat dengan baik.
  1. Jerawat
    Selama trimester kehamilan pertama, seorang ibu hamil akan memiliki masalah dengan jerawat. Ini karena adanya hormon tambahan yang ada di dalam tubuh. Produk penghilang jerawat yang mengandung salicylic acid, benzoyl peroxide, dan azelaic acid cukup aman digunakan untuk ibu hamil dalam jumlah yang sedikit.
  1. Masalah dalam hubungan intim
    Ibu hamil biasanya akan mengalami kenaikan berat badan. Dan, hal ini bisa membuat seorang ibu hamil merasa tak nyaman saat berdekatan dengan suaminya.
Baca Juga:  Penyebab, Gejala dan Pencegahan Penyakit Malaria

Terlepas dari semua rasa tak nyaman yang dialami seorang ibu hamil, ketika sang buah hati akhirnya lahir ke dunia, perasaan bahagia yang membuncah akan membayar semuanya. Asalkan dijalani dengan penuh kesabaran dan dukungan dari orang-orang terdekat, masa-masa kehamilan pastinya akan menjadi masa yang penuh rasa bahagia.