Hal Yang Perlu Diwaspadai Untuk Menghindari Cedera Kaki Saat Berolahraga

DokterSehat.Com – Melakukan olahraga tentu bertujuan agar membuat anggota badan bergerak dan terlatih. Selain itu, tubuh yang lebih aktif tentu akan membuat banyak kalori yang ada di dalam tubuh terbakar. Banyak orang yang melakukan olahraga dengan tujuan menurunkan berat badan karena faktor banyaknya kalori yang terbakar. Padahal, olahraga tidak hanya tentang pembakaran kalori, tubuh yang menjadi lebih bugar, peredaran darah yang semakin lancar, jantung yang semakin aktif, hingga sistem kekebalan tubuh yang membaik akan membuat tubuh pun menjadi lebih sehat. Hanya saja, olahraga juga memberikan resiko yakni membuat tubuh terkena cedera.

doktersehat-olahraga-lari-jogging

Banyak jenis olahraga yang membuat kaki menjadi tumpuan atau setidaknya membuat kaki menjadi lebih aktif. Karena alasan inilah kita sering mendengar cedera pada kaki karena olahraga. Ada banyak sekali penyebab kaki cedera karena berolahraga. Sebagai contoh, kita bisa terpeleset atau terjatuh yang membuat kaki menjadi terkilir atau terluka. Selain itu, beberapa sebab lain layaknya kurang pemanasan, peregangan, hingga pemilihan sepatu yang tidak tepat juga bisa mempengaruhi datangnya cedera pada kaki saat berolahraga.

Jika kita salah memilih sepatu untuk berolahraga, maka cedera pada pergelangan kaki, lutut bagian samping, hingga panggul atas bisa terjadi, apalagi jika kita termasuk orang yang hobby melakukan olahraga lari atau jogging. Pakar kesehatan dr. Win Arsana menyebutkan jika banyak orang yang cenderung memilih sepatu olahraga berdasarkan merek, desain, hingga harganya saja tanpa mempertimbangkan kenyamanan saat digunakan untuk berolahraga.

Setiap orang memiliki model dan bentuk kaki yang berbeda-beda sehingga memilih sepatu olahraga pun tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Selain itu, perbedaan seseorang dalam menjejakkan kaki juga mempengaruhi pemilihan model sepatu yang digunakan. Sebagai contoh, kita tentu tidak bisa asal memakai sepatu olahraga berbentuk flat dengan sol yang tipis jika kita memiliki kebiasaan menjejakkan bagian tumit kaki terlebih dahulu yang tentu akan membuat kaki kita rentan cedera. Utamakan keamanan dan kenyamanan dalam memilih sepatu olahraga, selain itu, jangan lupakan peran pemanasan dan peregangan yang bisa membuat cedera pada kaki saat berolahraga bisa diminimalisir.